​Antisipasi Harga Sembako Melambung, Operasi Pasar jadi Opsi

LINIMASA10 views



TASIKMALAYA, (KAPOL).-
Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tasikmalaya sudah mempersiapkan langkah penanganan jika terjadi fluktuasi harga yang tinggi terhadap harga sembako saat Ramadhan dan Idul Fitri nanti. Salah satu upaya yang dipikirkan adalah operasi pasar.

Kepala DK Kota Tasikmalaya, Rachmat Mahmuda mengatkan opsi operasi pasar bisa dilakukan bekerjasama dengan Bulog. Sehingga dengan begitu diharapkan harga komoditas bahan pangan yang mengalami kenaikan bisa ditekan.

Sejauh ini, kata Rachmat, beberapa harga bahan pangan sudah terpantau turun. Mulai dari harga cabai, daging dan sejumlah bahan pangan lainnya.

“Stok pasokannya juga sudah cukup tersedia. Kalau harga terlalu tinggi akan ada operasi pasar, bukan pasar murah loh ya,” kata Rachmat, Jum’at (5/5/2017).

Berdasarkan data ketersediaan di gudang Bulog, kata Rachmat, ada 30 ribu ton stok beras yang cukup hingga enam bulan ke depan. Selain itu, gudang Bulog juga masih menyimpan 420 ribu ton gula pasir dan 10 ribu ton minyak goreng.

“Kalau ada kecenderungan harga naik akan kami intervensi, jadi masyarakat tak perlu khawatir karena semua tersedia,” ujarnya. (Imam Mudofar)