​Antisipasi Kecelakaan, Bus di Terminal Indihiang Dirazia Dishub

LINIMASA30 views



TASIKMALAYA, (KAPOL).-
Dinas Perhubungan Kota Tasik mengadakan razia bus di terminal Indihiang, Rabu (3/5/2017). Razia ini dilakukan guna menyikapi maraknya kecelakaan yang melibatkan bus. Pada razia tersebut kelengkapan administratif dan teknis kendaraan diperiksa langsung oleh petugas dari Dishub Kota Tasikmalaya.

Kabid Angkutan Jalan Dishub Kota Tasikmalaya, Yono suharyono mengatakan setiap bus yang masuk ke terminal harus dicek berbagai kelengkapannya.

Pertama, kata Yono, dalam hal pengecekan adminstrasi, bus wajib melewati trayek sesuai izin yang berlaku. Selain itu, sopir bus wajib mempunyai STNK dan SIM yang masih berlaku.

Kedua, kata Yono, ada pula pengecekan teknis seperti rem, lampu atau ban. Khusus untuk ban, lanjut Yono, ada kebijakan Kemenhub yang mengatur ban tak boleh vulkanisir.

“Kecuali sumbu belakang. Rem juga harus asli dan kami cocokan tempat duduk dengan buku uji. Misal tertera 50 bangku cek tepat atau tidak,” kata Yono

Dari razia yang dilakukan selama sekitar satu jam, didapati belasan bus yang melanggar aturan. Kebanyakan dari pelanggaran itu berupa penyalahgunaan izin trayek yang tak semestinya. Selain itu, ada pula bus yang tak mempunyai rem tangan.

“Yang ditemukan baru kami temukan penyimpangan trayek harusnya dari Tasik ke Yogya tapi malah perjalanan Bandung ke Purwokerto, ada kesalahan penyelewenangan jalur. Dan ada yang tidak ada rem tangan,” ujarnya.

Terkait pelanggaran teknis tersebut, Dishub hanya akan mengembalikannya ke Pool bus untuk diperbaiki. Adapun bagi pelanggar trayek dikenakan sanksi tilang.

“Harusnya dikembalikan ke pool, khawatir bisa kecelakaan kalau berhenti di tanjakan atau turunan,” kata Yono. (Imam Mudofar)