​Apresiasi Warga Taat Pajak, Pemkab Berikan Hadiah

BIROKRASI20 views


CIAWI, (KAPOL).-

Pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu sumber pendapatan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Meski dikelola oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan bagian tiga puluh persen dari pajak yang dibayarkan masyarakat itu.

Tiga puluh persen pendapatan dari pajak itu dikembalikan ke Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya untuk digunakan membangun berbagai fasilitas. Mulai dari infrastruktur, perekonomian dan lain sebagainya. Alhasil peran aktif dari masyarakat untuk taat membayar pajak mutlak diperkukan.

Mengapresiasi masyarakat yang taat membayar pajar, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya memberikan hadiah bagi warga taat pajak yang tengah memenuhi kewajibannya di Outlet Samsat Ciawi Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (2/8/2016). Bupati Tasikmalaya, H. Uu Ruzhanul Ulum memberikan langsung hadiah tersebut.

“Ini bentuk apresiasi kami dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya bagi masyarakat wajib pajak yang taat membayar pajak kendaraan,” kata Uu.

Uu mengatakan peran aktif masyarakat dalam membayar pajak kendaraan mutlak sangat diperlukan. Pasalnya salah satu sumber pendapatan resmi Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya ini dihasilkan dari pajak kendaraan.

Lebih dari itu, orang nomor satu di Kabupaten Tasikmalaya ini bahkan mengimbau masyarakat Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki kendaraan dengan plat nomor di luar Kabupaten Tasikmalaya untuk memutasikan kendaraannya ke Kabupaten Tasikmalaya.

Pasalnya, kata Uu, jika plat nomor kendaraannya di luar Kabupaten Tasikmalaya, maka pendapatan dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat akan masuk ke daerah yang sesuai dengan plat nomor tersebut.

“Ketika plat nomornya Jakarta, saat bayar pajak ya pendapatannya akan masuk ke Jakarta. Tidak ke Kabupaten Tasikmalaya,” lanjut Uu.

Untuk itu, tambah Uu, ia mengimbau agar masyarakat lebih bangga menggunakan plat nomor Kabupaten Tasikmalaya.

“Jangan sampai pendapatan dari pajaknya ke daerah lain tapi yang digunakan jalan di Kabupaten Tasikmalaya,” kata Uu.

Selama ini, lanjut Uu, pendapatan dari pajak kendaraan sangat dirasakan oleh Kabupaten Tasikmalaya. Bahkan capaian pajak pada 2015 lalu melampaui target yang sudah ditentukan.

“Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya bagi masyarakat yang sudah taat pajak,” kata Uu. (Imam Mudofar/ADV)