​Banjir Sukaresik, Uu: Jika Pemprov Cepat Tanggap, Banjir Tidak Akan Terjadi

LINIMASA3 views

SUKARESIK, (KAPOL).-

Bupati Tasikmalaya angkat bicara soal banjir musiman yang terjadi di wilayah Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya. Uu mengatakan setiap kali banjir datang, pihaknya langsung melaporkan kejadian itu ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sejak awal menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya, kata Uu, banjir Sukaresik kerap kali terjadi. Beberapa waktu lalu, banjir pun kembali terjadi di wilayah tersebut.

Uu mengatakan banjir disebabkan karena terjadi pendangkalan sungai di wilayah tersebut. Alhasil saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut, volume air bertambah.

“Karena dangkal, volume air tidak tertampung. Akibatnya air meluap ke pemukiman warga,” kata Uu, Selasa (20/9/2016).

Setiap kali laporan banjir Sukaresik ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kata Uu, pihaknya selalu meminta agar Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk melakukan penyedotan saluran air sungai dan pembuatan benteng di sekitar wilayah sungai untuk menahan luapan air yang bisa mengakibatkan banjir.

“Tapi sampai hari ini laporan dan permintaan kami ini tidak kunjung ditanggapi. Padahal banjir Sukaresik ini merupakan banjir musiman yang sudah terjadi sekian tahun lamanya,” kata Uu.

Seharusnya, kata Uu, banjir Sukaresik tidak lagi terjadi andai kata Pemerintah Provinsi Jawa Barat cepat tanggap dan memenuhui permintaan yang diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dalam mengatasi banjir Sukaresik. (Imam Mudofar)