​Budi Budiman Masih Diinginkan Memimpin Kota Tasikmalaya

POLITIKA13 views

TASIKMALAYA, (KAPOL).- Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei dan analisis penilaian terhadap seluruh kandidat yang digadang-gadang akan maju di Pilkada Kota Tasikmalaya 2017.
Melalui jaringan Citra Komunikasi LSI pimpinan Toto Izzul Fatah, lembaga survei di bawah asuhan Denny JA ini menyampaikan laporan survei yang dilakukan pada Maret 2016.

Pengumpulan data dilakukan pada 20-26 Maret 2016, dengan metode multisage random sampling pada 440 responden. Tekhnis melalui wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner dengan margin eror kurang lebih 4,8 persen berdasar populasi pemilih.

Dan hasilnya selain persentase peluang kandidat di Pilkada Kota Tasikmalaya 2017, juga penilaian tingkat kepuasan masyarakat atas kerja keras Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman memimpin Kota Tasikmalaya bersama Wakil Wali Kota Tasikmalaya, Dede Sudrajat.

Menurut hasil survei LSI, tingkat kepuasan terhadap petahana Wali Kota, Budi Budiman tinggi. Masyarakat mengaku puas atas kinerja Wali Kota membangun Kota Tasikmalaya dengan persentase diatas 60 persen. Tingkat kepuasan ini secara otomatis berbanding lurus dengan tingkat keinginan publik yang menginginkan kembali dipimpin Budi Budiman yang hasilnya sama diatas 60 persen.

Publik yang merasa sangat puas atas kinerja Budi Budiman yang menjabat sebagai Wali Kota Tasikmalaya periode 2012-2017 mencapai 7,0 persen, cukup puas 59,0 persen, kurang puas 26,9 persen dan tidak puas sama sekali hanya 2,3 persen. Sementara yang menjawab tidak tahu 4,8 persen.

Selanjutnya dari tingkat kepuasan tersebut berimbas pada tingkat keinginan kepada Budi Budiman untuk menjadi Wali Kota Tasikmalaya diperiode berikutnya 2017-2012 dengan persentase yang menginginkan Budi kembali menjadi Wali Kota Tasikmalaya mencapai 63,7 persen. Adapun yang tidak menginginkan sebesar 20,5 persen dan menjawab tidak tahu 15,8 persen.

“Ini berarti tingkat kepuasan terhadap inkumben Budi Budiman dan tingkat menginginkan kembali menjabat kembali Wali Kota tinggi diatas 60 persen,” kata Toto, Minggu (17/7/2016). (Jani Noor)