​Dinkes Jamin Kota Tasik Bebas Vaksin Palsu

LINIMASA8 views


TASIKMALAYA, (KAPOL).-

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Cecep Z Kholis memastikan vaksim palsu tidak beredar di wilayah Kota Tasikmalaya. Selama ini penyebaran dan pendistribusian vaksin sebagian besar dilakukan oleh dinas. Vaksin yang didistribusikan pihak swasta saat ini harus melalui terlebih dahulu pengecekan dinas setempat. Sehingga, vaksin yang selama ini beredar di Kota Tasikmalaya dijamin asli dan terhindar dari vaksin palsu.

“Alhamdulilah selama ini belum ditemukan vaksin palsu di Tasikmalaya, dan belum ditemukan ada yang komplain vaksin palsu,”
kata Cecep, Senin (18/7/2016).

Dinas pun, lanjut Ceep selama ini selalu menghitung penyebaran vaksin ke masyarakat. Jumlah penerima atau masyarakat yang akan divaksin dan vaksinnya itu sendiri harus seimbang. Tidak boleh ada lebih.

“Jadi kalau vaksin lebih banyak dari jumlah yang akan divaksin, itu bisa bahaya dan dicurigai ada vaksin palsu di Tasikmalaya,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut Cecep, warga diimbau untuk mewaspadai peredaran vaksin palsu.  Jika menemukan penjual vaksin yang harganya murah, kata Cecep, warga wajib curiga. Pasalnya harga vaksin asli selama ini sangat mahal.

“Harga vaksin asli itu mahal. Tapi selama ini digratiskan oleh pemerintah. Jadi kalau menemukan penjual vaksin murah, warga harus curiga dan waspada,” kata Cecep. (Imam Mudofar)