​Fahri Hamzah: Keberanian HZ Mustofa Patut Ditiru

LINIMASA11 views

SUKARAME, (KAPOL).-

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah berkunjung ke Tasikmalaya, Rabu (10/8/2016). Rombongan tiba di Pondok Pesantren KH Zenal Mustofa Sukamanah Sukarame Kabupaten Tasikmalaya sekitar jam sembilan pagi. 

Fahri dan rombongan menyempatkan sowan ke Pimpinan Pondok Pesantren Sukamanah, KH Acep Tohir sebelum akhirnya ziarah ke TMP KH Zenal Mustofa.

Di mata Fahri, sosok KH Zenal Mustofa adalah pribadi yang penuh keberanian. Keberanian yang didasarkan pada keimanan, keikhlasan dan cahaya ilahi. Di usianya yang masih tujuh belas tahun, KH Zenal Mustofa sudah mendirikan pesantren dan setelah itu menghadapi penjajahan Belanda dan Jepang.

“Indonesia hari ini butuh keberanian. Di Indonesia sekarang sudah banyak orang pintar. Sudah banyak ilmu dan wawasan. Tapi orang berani itu kurang. Apalagi orang berani yang dituntun oleh keimanan,” kata Fahri.

Keberanian semacam ini, kata Fahri, bisa terbaca pada riwayat hidup KH Zenal Mustofa. Makanya, lanjut Fahri, momentum HUT Kemerdekaan RI ke 71 seharusnya mengambil tema keberanian.

“Keberanian itu dicerminkan oleh pahlawan-pahlawan dan para syuhada yang lebih dulu mendahului kita,” kata Fahri. (Imam Mudofar)