​HUT Pramuka, Kwaran Ciawi Tunjukan Kepedulian

LINIMASA9 views

CIAWI, (KAPOL).-

Seperti tahun-tahun sebelumnya, gerakan Pramuka Kwartir Ranting Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya menunjukan kepeduliannya. Kali ini dalam rangka memperingati Hari Jadi Gerakan Pramuka ke 55, Gerakan Pramuka Kwaran Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya memberikan santunan kepada sejumlah anak yatim piatu, sumbangan ke Masjid Besar Ciawi dan masjid yang ada di 11 desa di Kecamatan Ciawi.

Tidak hanya itu, sejumlah pembina pramuka yang berstatus tenaga honor juga turut menjadi perhatian para pengurus Kwaran Ciawi. Dana yang disumbangkan merupakan hasil pengumpulan dari setiap pangkalan yang ada di Kecamatan Ciawi yang dikumpulkan melalui bumbung peduli pramuka.

“Tahun ini dana yang terkumpul sebesar Rp 13.511.600 dari 45 pangkalan atau sekolah,” kata pembina bumbung peduli pramuka, Ade Dedi, S.Ag, Senin (15/8/2016).

Menuru Ade yang juga Wakil Ketua Kwaran Ciawi bidang Sarpras,  bumbung peduli pramuka adalah pengumpulan uang receh yang digalang dari seluruh pangkalan sekolah. Bumbung sendiri dibuat dari potongan bambu yang dibolongi untuk memasukan uang receh. Selanjutnya uang yang terkumpul masing-masing pangkalan dibuka bertepatan dengan HUT Pramuka. 

“Hasil kesepakatan, bumbung yang terkumpul digunakan kegiatan sosial diantaranya dialokasikan 50 persen untuk anak yatim piatu dan masjid besar Ciawi serta 50 persen untuk masjid disetiap desa dan honor pembina Pramuka non PNS,” ucapnya.
Dijelaskan Ade, kegiatan ini sudah menjadi kegiatan rutin. Setiap tahun, hasil bumbung yang terkumpul digunakan untuk bakti sosial seperti dari tema kegiatan yakni “Satyaku ku darmakan, darmaku ku baktikan”  

“Kegiatan ini diharapkan menjadi ikon atau tema yang dapat diingat dan diterapkan bagi pembina maupun anggota setiap tahunnya,” ungkapnya. (Imam Mudofar)