​Mudik/Balik 2016, Laka Lantas Menurun Drastis

LINIMASA11 views

MANGUNREJA, (KAPOL).-

Tingkat kecelakaan lalulintas (laka lantas) selama musim arus mudik dan balik lebaran 2016 di wilayah hukum Polres Tasikmalaya menurun drastis. Bahkan selama oprasi Ramadania yang berjalan hampir 2 minggu lebih, tercatat hanya ada satu kejadian kecelakaan lalulintas.

“Korbannya pun selamat dan hanya mengalami luka-luka saja, meski sepedah motor yang dikendarainya menubruk truk dari arah berlawanan,” kata Kapolres Kabupaten Tasikmalaya, Ajun Komisaris Besar Nugroho Arianto, Rabu (13/7/2016).

Nugroho menambahkan menurunnya angka kecelakaan lalulintas di jalan raya terutama pada saat arus mudik-balik lebaran menandakan mulai tertibnya para penguna jalan raya. Pengendara kini bisa lebih mematuhi peraturan lalulintas yang memang ditegakan guna keselamatan berkendara.

“Disamping itu, kesadaran ini juga terbentuk dari manfaat berbagai oprasi jajarannya seperti oprasi simpatik dan oprasi patuh yang beberapa kali telah digelar,” ujarnya.

Selama oprasi ramadania 2016 volume kendaraan yang melewati jalur alternatif Singaparna-Salawu-Garut ini terbilang ramai padat. Terutama saat puncak arus balik yang terjadi pada H+3 hingga H+5. Bahkan sempat terjadi kepadatan kendaraan yang mengekor hingga belasan kilometer.

“Meski begitu kita berusaha mengurai kepadatan tersebut hingga lancar kembali,” ujarnya. (Imam Mudofar)