​Penampakan Pocong Menggegerkan Pengguna Jalan

SOSIAL61 views
Penampakan pocong mengegerkan warga yang melintas di Jalan Bebedahan tepatnya di Kampung Gunung Salikur Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya selama sepekan terakhir | INUBUKHARI/”KP”

PURBARATU, (KAPOL).- Pengguna jalan Bebedahan tepatnya di wilayah Gunung Salikur Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya dihebohkan dengan penampakan pocong di tepi jalan selama sepekan terakhir. Setiap malam, banyak pengguna jalan yang kaget meskipun kondisi jalan dalam kondisi terang. Apalagi terlihat seperti duduk dan lokasinya berubah-ubah.”Kaget mah kaget, apalagi malam hari meskipun selalu lewat sini tiap malam. Duka nu baru lewat sini mah, kemungkinan juga bakal kaget karena ada penampakan,” kata warga yang tinggal tak jauh dari lokasi penampakan, Jajang Solihin, Senin (22/8/2016).

Senada juga diungkapkan Adit warga yang pernah melintas di jalur tersebut. Penampakan tidak hanya terjadi di malam hari saja, pun di siang hari pun kerp terlihat. “Awalnya kaget, tetapi pas dilihat boneka. Kalau benaran mah mungkin gak akan lewat lagi kesana, takut,” katanya.

Menurut warga Kampung Gunung Salikur RT 03/08 Kelurahan Sukanagara Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya, Ny. Aming mengatakan, suaminya yang membuat boneka pocong tersebut. Sejak sepekan terakhir, sudah ditempatkan di depan rumahnya yang tak jauh dari Sungai Dalem Suba.

“Resep we, nyingsieunan jeung pangeling-eling ka jalmi nu ngalangkung. Sakantenan memeriahkan Agustusan saja. Da ngadamel nyalira tina tilas mukena, sareung guling,” katanya.

Pocong tersebut pun sempat menghilang selama satu hari tepat pada perayaan HUT RI ke 71 di lingkungan setempat. Sebab, keberadaannya di puncak pohon pinang dimana lomba panjat pinang warga. “Kamari mah di pang luhurna, da aya hadiahan Rp 50 ribu, janten pocongna diparebutkeun,” ujarnya. (Inu Bukhari)***