​Perbaikan Jalur Salopa-Cikalong Belum Ada Kepastian

LINIMASA67 views

SINGAPARNA, (KAPOL).-

Perbaikan jalan Raya Salopa-Cikatomas yang amblas akibat longsor beberapa waktu lalu belum ada kejelasan. Perbaikan akses utama penghubung Tasikmalaya dan beberapa daerah di wilayah Tasikmalaya Selatan itu masih menunggu hasil kajian dari PVMKG.

Kepala Dinas PU Binamarga dan Pengairan Kabupaten Tasikmalaya, Bambang Alamsyah mengatakan diprediksi kemungkinan besar kajian dari PVMKG itu baru akan rampung minggu depan. Alhasil Bambang belum bisa memastikan langkah perbaikan yang akan diambil oleh Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

“Saat ini kondisi tanah di sekitar lokasi masih dalam keadaan labil. Kami belum bisa membahas soal perbaikan karena masih menunggu hasil kajian dari PVMKG,” kata Bambang.

Bambang menambahkan saat ini pihaknya tengah mengupayakan peminjaman jembatan bailey atau jembatan darurat. Jembatan darurat ini nantinya akan dipasang agar akses jalan utama itu masih bisa dilalui.

Disinggung terkait hasil kajian dari PVMKG, Bambang mengatakan jika hasil kajian jalan tersebut tidak layak untuk dibangun kembali, maka Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya merencanakan untuk membangun jalur baru. Hanya saja, kata Bambang, rencana tersebut tidak bisa direalisasikan di tahun 2016 ini.

“Alternatif lainnya ya itu. Tapi tidak bisa kita laksanakan tahun ini karena harus menunggu anggaran tahun 2017,” kata Bambang. (Imam Mudofar)