​Polsek Cihideung Gandeng Siswa Cegah Aksi Bullying

EDUKASI18 views


TASIKMALAYA, (KAPOL).-
Anggota Polsek Cihideung turun tangan mencegah meluasnya aksi bullying di lingkungan sekolah. Mereka mengadakan seminar pencegahan bullying yang diikuti ratusan siswa SMK Artanita, Cihideung, Kota Tasikmalaya Selasa (18/7/2017).

Kepala Unit Binmas Polsek Cihideung, Aiptu Budi Hendrawan mengatakan seminar anti bullying dilakukan bertepatan dengan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Sebab, kata Budi, pihaknya tak bisa menampik bahwa kegiatan semacam MPLS berpeluang memunculkan bullying terhadap peserta didik baru dari seniornya.

“Tadi kami sampaikan bahwa murid sekoleh mesti menghindari munculnya bullying, tindakan itu tidak bisa dibenarkan dan jangan sampai terjadi turun temurun antar angkatan,” katanya.

Kegiatan yang rutin dilakukan tiap ajaran baru ini, kata dia diharapkan mampu menurunkan tindakan bullying. Hanya saja, ia mengakui memang belum ada sanksi tegas bagi pelaku bullying. Para pelaku bullying cuma diberi sanksi ringan berupa peringatan.

“Sanksi tegas belum ada, hanya bisa memanggil orang tua lalu diberi peringatan dan teguran supaya tidak mengulangi,” ujarnya.

Sementara itu, Bagian Kesiswaan SMK Artanita, Indi Widya Annisa memastikan anak didiknya tak melakukan bullying. Apalagi dengan MPLS yang kini ikut menyertakan pengajar. Sehingga para murid senior tak bisa berbuat seenaknya.

“Kami selalu beri arahan supaya tidak ada tindakan bullying di sekolah ini, kami berusaha tangkal dari awal supaya tidak ada sistem dendam, kan bullying ini biasanya terjadi turun-temurun,” ujarnya. (Imam Mudofar)