​Program Gerbang Desa Dipresentasikan di Komisi II DPR RI

BIROKRASI9 views


SINGAPARNA, (KAPOL).-

Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanululum, menyampaikan program prioritas Kabupaten Tasikamalaya. Program yang dikenal dengan sebutan Gerakan Bangun Desa (Gerbang Desa) ini disampaikan saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI, Kamis (28/7/2016) kemarin.

Uu mengatakan Gerbang Desa tidak semata hanya jargon. Gerbang Desa sejatinya sebuah gerakan pembangunan di Indonesia yang notabene didominasi oleh pedesaan.

“Makmurnya masyarakat desa akan jadi ukuran dari makmurnya masyarakat Indonesia secara keseluruhan,” kata Uu, Jum’at (29/7/2016).

Dalam hal ini, kata Uu, desa tak hanya soal wilayah administratif dan teritorial semata. Tapi lebih dari itu, tumbuh dan berkembang di wilayah yang memiliki corak penghidupan yang bertumpu dan bergantung pada desa.

“Makanan dan minuman yang tiap saat kita makan dihasilkan oleh penduduk desa. Bukan produk hasil metik dari olahan pabrik yang bisa begitu saja tercerabut dari desa,” kata Uu.

Disinggung soal prioritas unggulan Gerbang Desa, Uu mengatakan sebagai langkah penting desa menjadi penyangga kehidupan bangsa Indonesia. Khususnya di Tasikmalaya. Di iantaranya peningkatan kesejahteraan petani, buruh tani, nelayan dan aparatur desa.

“Peningkatan jalan desa. Listrik masuk Desa. Irigasi, air bersih perdesaan dan sanitasi lingkungan perdesaan. Telekomunikasi dan Informasi masuk desa,” sambung Uu.

Uu pun mengaku yakin jika beberapa program unggulan yang ia sebutkan tadi mampu terealisasi dengan baik, maka percepatan membangun desa dan desa membangun akan lebih terlihat. Dengan desa membangun diharapkan desa bisa mandiri dan sejahtera.

“Dengan demikian upaya tersebut dengan sendiri bisa menekan arus urbanisasi yang menjadi momok bagi para warga dan pejabat di kota-kota besa,” katanya. (Imam Mudofar)