​Tak Ada Kejelasan Soal Visa, Ribuan Jamaah Haji Terancam Gagal Berangkat

LINIMASA13 views


SINGAPARNA, (KAPOL).-

Keberangkatan calon jamaah haji asal Kabupaten Tasikmalaya tinggal menunggu hitungan hari. Pemberangkatan pertama jamaah haji asal Kabupaten Tasikmalaya ada di kloter 15 dengan jumlah jamaah 444 orang. Rencananya akan diberangkatkan 14 Agustus 2016 mendatan. Total calon jamaah haji asal Kabupaten Tasikmalaya secara keseluruhan sendiri ada 1.098 orang.

Meski demikian sampai hari ini belum ada kejelasan soal keluarnya visa dari Pemerintah Arab Saudi. Terlebih ketidakjelasan soal visa ini tidak hanya dialami oleh Kabupaten Tasikmalaya saja. Tapi terjadi juga di daerah lain di Jawa Barat. Jika visa tak kunjung turun, para calon jamaah haji ini pun terancam gagal berangkat.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya, Agus Abdul Kholik membenarkan hal tersebut. Kholik mengatakan sejauh ini belum ada kepastian resmi dari Pemerintah Arab Saudi terkait kapan visa itu akan keluar.

“Soal visa sampai hari ini masih diurus oleh Kanwil Kemenag Jawa Barat. Namung memang sejauh ini belum ada kabar pasti kapan visa akan dikeluarkan. Kita tinggal menunggu saja,” kata Agus.

Agus menambahkan pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat. Proses keluarnya visa itu sendiri, kata Agus, dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Sedangkan untuk pencetakan visanya dilakukan di Kanwil Kemenag Jawa Barat.

“Kita berharap visa segera keluar agar tidak mengganggu kenyamanan ribuan calon jamaah haji,” kata Agus. (Imam Mudofar)