​Wabup Serukan Apdesi Berani

BIROKRASI16 views

SINGAPARNA, (KAPOL).- Wakil Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto mengatakan, Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia (Apdeai) bukan sekedar kumpulan orang-orang, tetapi Apdesi harus menjadi organisasi yang bisa mejembatani aspirasi masyarakat desa dan disuarakan kepada Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.
“Apdesi bukan hanya kumpulan beberapa orang, tetapi harus bisa menyatukan kepentingan di desa. Apdesi di bangun bukan untuk kepentingan pribadi atau menjadi bandaran anggaran, tetapi bagaimana Apdesi bisa mewakili para kepala desa dan bisa menaikkan posisi tawar di depan pemerintah,” kata Ade seusai melaksanakan buka puasa bersama di salah satu rumah makan di Kecamatan Mangunreja, Sabtu (2/7/2016).

Ditambahkan, program utama bupati Tasikmalaya adalah Gerbang Desa yang menjadi prioritas untuk diperjuangkan. Gerbang Desa ini tidak akan terwujud kalau tidak ada para kepala desa.

“Kabupaten Tasikmalaya tidak bisa membangun tanpa desa bersatu dan bergerak. Apdesi tentu menjadi ujung tombak pencapaian pembangunan yang berhasil guna,” ujarnya.

Menurutnya, Apdesi harus segera membuat agenda plitik. “Paling tidak bagaimana Apdesi ke depan dapat menyelenggarakan rapat desa terkait rencana pembangunan desa kemudian menyampaikan prioritas yang harus diperjuangkan oleh pemerintah, itu yang saya harapkan untuk Apdesi,” tuturnya.

Ditambahkan, pembangun Kab. Tasikmalaya ke depan, bukan dari bupati tetapi berbasis dari kebutuhan masyarakat desa. Bupati hanya bertugas mendorong keterwujudan pembangunan yang dilakukan masyarakat itu sendiri dalam rangka pemenuhan kebutuhan tersebut. 

“Yang paling pokok dalam pelaksanaan pembangunan bukan soal bagus dan mahal, tetapi kerberlanjutan, pembangunan yang berkesinambungan. Maka aparatur desa menjadi kunci dalam proses pembangunannya. Saya berharap aparatur desa melalu APDESI bisa meningkatkan kapasitas, kapabilitas,” ucapnya. (D. Farhan Kamil)