​Waspadai Hewan Kurban Tidak Sehat

LINIMASA9 views

TASIKMALAYA, (KAPOL).-

Menjelang musim kurban penjualan hewan kurban meningkat. Permintaan masyarakat terhadap hewan kurban terbilang meningkat. Masyarakat pun diimbau agar bisa membendakan mana hewan kurban yang sehat dan tidak sehat. 

Kasi Keswan dan Kesmavet, Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Tasikmalaya, Drh Nina Kurniada mengatakan, secara kasat mata kondisi hewan kurban bisa diperiksa. Pasalnya secara fisik penampilan hewan yang sehat nampak beda dengan yang tidak sehat. 

“Hewan yang sehat secara fisik itu matanya bening, tidak mengeluarkan lendir dan kulitnya halus. Tubuh hewan tegak saat berdiri dan tidak ditemukan bekas luka,” kata Drh Nina, (15/8/2016)

Nina menambahkan untuk lebih mudahnya pembeli bisa memilih hewan kurban yang sudah diberi tanda sehat oleh Dinas Peternakan. Biasanya pemeriksaan terhadap hewan kurban akan dilaksanakan dua minggu menjelabg hari raya Idul Adha.

Setelah diperiksa hewan-hewan kurban tersebut diberi pin sehat. Pin tersebut menjadi tanda untuk hewan kurban yang sudah diperiksa kesehatan dan kelayakannya. Selain pin, hewan kurban juga dilengkapi surat bukti pemeriksaan hewan.

“Hewan yang tidak sehat tidak diberi pin, hewan tersebut juga dilarang diperjualbelikan,” ujar Drh Nina. (Imam Mudofar)