​Yuki Pas Band: Hargai Hak Intelektual Musisi

BUDAYA8 views
Yuki Martawidjaja

PAS Band kembali hadir. Menebus kerinduan para penggemar, Passer Kota Tasikmalaya.Sang vokalis, Yuki Martawidjaja, sempat berbincang sebelum beraksi di eksterminal Cilembang.

Sama sekali tak ada kesan rocker yang garang, tapi justru sangat ramah dan tidak keberatan “diganggu” waktunya untuk wawancara.

“Ini adalah konser yang kesekian kalinya, Pas Band cukup sering datang ke Tasik,” kata penyanyi yang fasih berbahasa Jepang ini, Sabtu (20/8/2016).

“Saat ini, saya dan teman-teman musisi Jawa Barat baru menyelesaikan album untuk Kompilasi PON Jawa Barat 2016 , ada Otong Koil, Rosemary, Risa Sarasvati, Seurieus, dll. Rencananya CD nya akan dijual di arena PON se-Jawa Barat. Ini adalah cara kami sebagai musisi berpatisipasi untuk menyukseskan PON Jabar,” ujarnya.

Sementara, album kesepuluh Pas band sendiri belum tahu kapan akan dibuat. Pasalnya iklim musik di Indonesia sedang tidak “bersahabat”. Pembajakan, pengunduhan musik ilegal dan penghargaan atas hak intelektual musisi belum optimal di Indonesia.

Untunglah, permintaan tampil “off air” Pas Band di berbagai tempat cukup sering. Tapi walaupun begitu, vokalis berambut nyentrik ini tidak bisa tinggal diam, selain sebagai musisi, Yuki juga seorang pebisnis multiusaha. 

“Demi dapur ngebul mah, usaha apapun dilakonin, yang penting halal,” pungkasnya. (Adith)