30 Ribu Massa Padati Kirab Budaya TMP di Jonggol Bogor

POLITIKA18 views

BOGOR, (KAPOL).- Dalam rangka menguatkan nilai-nilai kebangsaan, menjaga tradisi dan persatuan bangsa, DPP Taruna Merah Putih (TMP) menggelar kirab kebangsaan warna-warni keberagaman pemuda Indonesia lintas komunitas, organisasi, agama dan budaya Mem-Pancasila-Kan Indonesia.

Sedikitnya 30.000 peserta dari berbagai komunitas, organisasi kepemudaan dan keagamaan dan pelajar dari Kabupaten Bogor tumpah ruah mengikuti acara tersebut dari awal hingga akhir.

“Gotong Royong Kebangsaan untuk Menjaga Kebhinnekaan”   merupakan tema yang diusung pada acara yang digelar di Alun-alun Jonggol, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Minggu (1/10/2017).

Sedikitnya 30.000 peserta dari berbagai komunitas, organisasi kepemudaan dan keagamaan dan pelajar dari Kabupaten Bogor tumpah ruah mengikuti acara tersebut dari awal hingga akhir.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kehormatan Partai  Komarudin Watubun, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat, T.B. Hasanudin, Ketua Umum DPP TMP Maruarar Sirait, dan Ketua DPC TMP Kabupaten Bogor  Egi Gunadhi  Wibhawa.

Ketua DPC TMP Kabupaten Bogor Egi Gunadhi mengatakan bahwa kegiatan kirab kebangsaan ini merupakan upaya yang senantiasa dilakukan oleh TMP untuk menjaga dan menanamkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila.

“Sebagai sayap partai PDI Perjuangan yang di dalamnya anak-anak muda, memiliki tugas menjaga anak-anak muda agar tetap memegang teguh Pancasila sebagai satu-satunya dasar negara Indonesia,” katanya.

Menurutnya kirab kebangsaan ini juga merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh TMP untuk memacu genarasi muda  untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Apabila generasi muda telah mengamalkannya, Ia sangat optimis persatuan dan kesatuan bangsa akan terus terjalin kuat.

Lebih lanjut Ia menuturkan bahwa acara kirab kebangsaan ini juga merupakan sebagai upaya untuk menjaga dan merawat keberagaman yang ada di Kabupaten Bogor. Baginya keberagaman ini harus menjadi kekuatan yang  sangat besar untuk membangun Kabupaten Bogor.

Ketua Umum TMP Maruarar Sirait mengatakan Kirab Kebangsaan Kebangsaan merupakan bagian dari upaya yang dilakukan TMP untuk membumikan nilai-nilai Pancasila kepada genarasi muda.  Jika nilai-nilai yang terkandung ini telah diamalkan maka genasi muda yang akan datang akan menjadi genarasi yang unggul dan tangguh.

Selain itu, jika anak muda bangsa ini telah membumikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, maka akan tercipta genarasi yang menjujung tinggi semangat toleransi dan saling menghargai. Sehingga persatuan dan kesatuan bangsa akan tetap terjaga.

“Jika anak muda sudah mengamalkan Pancasia, maka gerakan intoleran, radikalisme dan terorisme tidak akan tumbuh di Indonesia,” katanya. (Azis Abdullah)***