60 Tahun IPDN Cetak Benih Unggul

BIROKRASI8 views

image
Yuddy Chrisnandi

JATINANGOR, (KAPOL).-
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi mendorong IPDN menjadi lembaga kepamongprajaan yang terpercaya.

IPDN, menurutnya, harus mendorong pembentukan perilaku kepamongan serta penyedia kader pemerintahan yang terampil.

“Di usianya ke-60, IPDN harus mencetak benih unggul calon aparatur negara,” katanya kepada Kabar Priangan Online (KAPOL), di Kampus IPDN Jatinangor, Kamis (17/3/2016).

Dikatakan, para alumni yang bertugas di lapangan pun harus menjadi agen perubahan dan terdepan dalam mendorong reformasi birokrasi dilingkungan pemerintahan.

“Alumni yang bertugas di pemerintahan daerah mulai dari jenjang tingkat kelurahan, kecamatan, kabupaten/ kota sampai provinsi harus menjadi ujung tombak pemerintahan,” tuturnya.

Ia mengatakan bahwa harus diakiu jika pelaksanaan revormasi birokrasi di lingkungan pemerintahan bahwa perkembangannya belum oftimal baik pada area perubahan aparatur, kelembagaan, tata laksana, SDM aparatur, akuntabilitas , pengawasan maupun peraturan perundang-undangan serta pelayanan publik.

“Contohnya, pada perubahan area akuntabilitas , untuk nilai rata-rata akuntabilitas kinerja instansi daerah tahun 2015 kendati pencapaiannya meningkat dari tahun sebelumnya, tetapi masih jauh dari harapan,” katanya. (Azis Abdullah)