Ada Lomba Nangkap Bebek di Syukur Waluya

WISATA12 views

CIJULANG, (KAPOL).- Syukuran Walungan mawa kaya (Waluya) yang digelar oleh masyarakat di sekitar kawasan wisata Grand Canyon Cijulang dimeriahkan dengan lomba nangkap bebek Kamis (28/9/2017).
Masyarakat begitu antusias dalam memeriahkan syukuran Waluya tersebut. Sepanjang dermaga 1 Grand Canyon dipenuhi  ribuan warga dan juga pengunjung.

Mereka terkesima dengan keseruan para peserta lomba menangkap bebek yang saling berebut untuk bisa menangkap bebek berwarna putih yang terbang dan bergerak kesana-kemari.

Ketua Penyelenggara, Joharudin Arif mengatakan Syukuran walungan mawa kaya (waluya) merupakan bentuk syukur masyarakat kepada Allah SWT yang telah memberikan tempat sebuah sungai membawa berkah bagi masyarakat.

“Alhamdulilah Kami semua bisa diberikan rizky berlimpah dengan mengelola tempat wisata ini,” ungkapnya.

Menurutnya, sambutan warga sangat luar biasa dengan digelarnya tradisi tahunan setiap bulan Muharram ini. Mereka tidak beranjak dari tempat duduknya sampai acara selesai.

“Ini agenda tahunan yang dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata,” tuturnya.

Selanjutnya kegiatan yang digelar yaitu parade perahu untuk warga, berdo’a bersama, makan tumpeng, hiburan, permainan, calung, pesta rakyat seperti lomba menangkap bebek di sungai.

“Malam puncak acara akan dilaksanakan pengajian muharroman oleh kiyai DR H Ujang Supiatna M Ag dari Depag Pangandaran,” lanjut Arif.

Salah satu pengunjung asal Bandung, Dian Suryadi (27)  sengaja datang untuk menyaksikan syukuran ini pada bulan muharram di Grand Canyon.

“Saya sering membawa pengunjung dari Bandung berlibur ke sini, jadi tahu ada acara, “tambahnya. (Jerry/KAPOL)***