Kritis tapi Etis

Alumni Unggul dalam Beragam Profesi

Silaturahmi IKA dan Pimpinan Fikom Uninus

BANDUNG – Ikatan Alumni (IKA) Fikom Uninus bersilaturahmi dengan Dekan dan pimpinan fakultas. Pertemuan yang diselenggarakan di kampus Uninus Bandung ini juga mendiskusikan pengembangan Fikom Uninus ke depan di tengah persaingan perguruan tinggi yang ketat.

Makin banyaknya perguruan tinggi yang membuka fakultas dan program studi ilmu komunikasi mendorong Fikom Uninus untuk terus berinovasi untuk mencetak para lulusan yang unggul dan memiliki daya saing tinggi.

Dekan Fikom Uninus Dr Wasta Warta, MM mengapresiasi dan menyambut baik para alumni Fikom Uninus yang ingin berkontribusi mengembangkan Fikom Uninus menjadi lebih baik dan berkembangan.

“Dengan peran alumni diharapkan Fikom Uninus dapat menjalin kerjasama dsngan berbagai lembaga dimana alumni bekerja saat ini.”kata Wasta Warta.

Ketua Umum IKA Fikom Uninus, Guntur Subagja menyatakan, para alumni bisa bekerjasama dengan Fikom antara lain untuk program magang mahasiswa, penelitian, dan program bersama seperti pelatihan, seminar, promosi, dan kerjasama strategis lainnya.

“Alumni Fikom Uninus tersebar di berbagai lembaga pemerintahan, perusahaan swasta dan BUMN. Sebagian diantaranya memiliki posisi dan jabatan strategis. Ini menunjukan alumni Fikom Uninus bisa unggul bersaing di lapangan kerja,” ungkap Guntur, yang berwirausaha di properti, agrobisnis, dan teknologi informasi.

Arief Sugiarto,  yang saat ini menjadi Pustakawan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan kualitas lulusan Fikom Uninus mampu bersaing dan unggul. “Kita harus percaya diri bahwa kita mampu dan ternyata bisa,” kata Arief yang merupakan lulusan Program Studi Perpustakaan Fikom Uninus.

Yudhi dan Gelora Sapta, alumni jurnalistik Fikom Uninus, merupakan para jurnalis dan fotografer koran terbesar di Jawa Barat, Pikiran Rakyat. “Sejumlah alumni Fikom Uninus berkarir di PR Grup dan mereka profesional,”kata Yudhi yang beberapa waktu lalu mengambil pensiun dini dan ssedang mengembangkan komunitas otomotif.

Gelola Sapta menyebutkan seiring dengan perkembamgan media dan teknologi informasi, persaingan saat ini semakin ketat sehingga dituntut terus belajar mengikuti perkembangan jaman. “Di Desk Foto, fotografer sekarang dituntut juga membuat video, audio, dan teks/berita sesuai dengan era konvergensi media,”tutur alumni Prodi Jurnalistik Fikom Uninuals ini.

Para alumni Fikom Uninus yang menjadi direktur dan pemimpin redaksi media antara lain Rahmat Ginanjar, Zair Mahessa, Ati Suprihatin dan banyak lainnya.

Tidak hanya berprofesi di media, alumni Fikom Uninus juga berkarir di sektor lainnya seperti perbankan. Salah satunya Lulu Lusi Gemayanti yang menjadi salah satu manajer di Bank Danamon.

Ida Hildayati, aktivis sosial kemasyarakatan di Cirebon mengungkapkan peran alumni Fikom Uninus di berbagai bidang sangat dibutuhkan masyarakat. Ia melakukan advokasi dan edukasi kepada masyarakat dengan ilmu komunikasi yang dipelajarinya di Fikom Uninus.

“Kita bisa berorasi, mengajak masyarakat, dan melakukan lobi dan negosiasi dengan pihak-pihak terkait,”tutur Ida yang saat mahasiswa menjadi aktivis di berbagai lembaga ini.

Bidang industri lainnya juga dimasuki mantan Ketua Umum Fikom Uninus U Suhendra, salah satunya, berkarir di BUMN PLN. Ia menjabat general manager di PT Indonesia Power.

Welly Setiawan yang sempat berkarir di sektor perhotelan, serta Rama dan Popi yang aktif berwirausaha dan komunitas sosial turut berbagi pengalamannya.

Guntur Subagja yang lulusan jurnalistik, sebelum berwirausaha, berkarir di koran Republika. “Saya diterima ikut seleksi di surat kabar nasional terbesar kedua saat itu mengungguli ratusan pelamar lainnya. Yang diterima hanya 10 orang dan satu-satunya lulusan perguruan tinggi swasta,”ujarnya. Di Republika memimpin Koordinator Desk Ekonomi dan Politik serta Ketua Koperasi Karyawan Republika yang menjadi pemegang 20 persen saham koran yang didirikan BJ Habibie tersebut.

Ia juga pernah menjadi Tim Asistensi Telematika Departemen Keuangan, Direktur Eksekutif Tim Percepatan Pariwisata Halal Kementerian Pariwisata 2016-2017, serta konsultan stratejik di berbagai lembaga seperti Bank Indonesia, BPKP, BUMN dan sejumlah perusahaan. Dalam organisasi kampus Guntur saat ini menjadi Wakil Ketua Umum Ikatan Alumni Sekolah Pascasarjana Universitas Indonesia (Iluni SPs UI).

Banyak lagi alumni lain yang berkarir di pemerintah, swasta, BUMN dan lainnya.

“Pertemuan dengan Alumni membuat kami menjadi tambah semangat mengembangkan Fikom Uninus,”ujar Dekan Fikom Uninus Wasta Warta. *

Diskusikan di Facebook
Baca juga