Aroma Tandingan Koalisi Perubahan Tercium

LINIMASA10 views

PPP, PDIP, PKB Mengarah Koalisi

image

CIPEDES, (KAPOL).-
Peta koalisi menjelang Pilkada Kota Tasikmalaya 2017 mulai berimbang. Setelah Partai Gerindra, Golkar dan Demokrat bergabung dengan nama Koalisi Perubahan, kali ini tiga partai lain PPP, PDI Perjuangan, dan PKB dikabarkan sudah membangun komunikasi untuk melakukan hal serupa.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tasikmalaya, Denny Romdoni tidak menampik akan terjadinya koalisi tersebut. PPP, PDIP dan PKB sudah melakukan komunikasi aktif membahas koalisi bersama.

“Koalisi resmi belum. Tapi kalau komunikasi mah terus inten. Kan harus ada langkah formal dulu,” kata Denny.

Menurut Bakal Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota yang sedang berjuang meraih tiket dari PDI Perjuangan dengan Kadis DPPKAD Kabupaten Tasikmalaya, M Yusuf ini, akan ada langkah formal dalam bulan-bulan ini. Pasalnya pembicaraan kearah koalisi sudah diatas angka 50 persen.

“Kemarin baru pembicaraan saja. Kalau dipersentasekan sudah diatas 50 persen. Kita tunggu bulan ini ada langkah formal,” ujarnya.

Ketua DPC PKB Kota Tasikmalaya, Cece Insan Kamil pun senada dengan Denny. Membenarkan telah melakukan pembahasan dengan tim lima PPP dan PDI Perjuangan.

“PKB ikut saja tergantung PDIP. Sok we sareng Pak Udeng ngobrolna bilih lepat abdi mah,” ucapnya.

Tim lima PPP, Agus Wahyudin menjelaskan aroma koalisi dengan PDIP dan PKB memang sudah ada. Hanya seberapa besar realisasinya belum terlihat karena PPP masih menunggu juklak juknis pencalonan Pilkada 2017 dari DPP.

“Hawa kesana memang ada. Namun PPP masih menunggu juklak juknis pusat,” tuturnya.

Agus mengakui bisa saja terjadi gerakan seperti di Kabupaten Tasikmalaya terjadi koalisi mendadak antara PPP dan PDIP atas intruksi DPP. Dan hal ini dibenarkan Undang-Undang karena Pilkada ranah DPP juga.

“Memang Pilkada sekarang bukan ranah internal daerah saja tapi pusat karena tergantung lobi dan kepentingan pusat,” ujar Agus.

Meski demikian, wacana satu paket alternatif PPP akan ditawarkan kalau tidak ada kesinkronan calon di daerah karena penentuan calon kepala daerah oleh DPP sehingga tinggal bagaimana kebijakan pusat dalam hal meramu aspirasi dari daerah.

Sementara itu, Ketua tim lima PPP, Zenzen Zaenudin menegaskan belum koalisi. Saat ini koalisi yang sudah resmi PPP dengan PBB.

“Belum. PPP baru dengan PBB koalisi mah,” kata Zenzen. (Jani Noor)