Bantuan Berdatangan, Agus Muslim Ucapkan Terimakasih ke Wartawan

KAB. TASIK31 views

CIPATUJAH, (KAPOL).- Bantuan untuk korban banjir dan longsor di beberapa kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya terus berdatangan.

Jenis bantuan tang diterima bermacam-macam ada yang berupa sembako, bahan makanan, sabun, selimut dan obat-obatan.

Bahkan, bantuan dalam bentuk tenaga juga datang dari para relawan yang berasal dari organisasi kemasyarakatan, lembaga, instansi dan lainnya yang turut membantu di lapangan.

Atas banyaknya perhatian dan bantuan itu, Camat Cipatujah, E Agus Muslim mengucapkan terimakasih kepada para relawan dan pihak yang telah memberikan bantuan.

Namun tidak lupa, Agus Muslim juga turut mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para wartawan yang selama ini terus menginformasikan kondisi banjir bandang dan longsor dari mulai kejadian hingga kondisi saat ini.

“Saya sampaikan terima kasih, berkat informasi terkait kondisi banjir bandang dan longsor memberikan semangat kepada semua pihak untuk turut membantu saudaranya yang terkena musibah bencana alam,” kata Agus Muslim kepada “KAPOL” Sabtu (10/11/2018).

Menurutnya, para watawan rela tidak pulang dari mulai kejadian hingga saat ini, untuk menginformasikan kondisi bencana alam ini.

Informasi itu, tersebar kepada masyarakat bukan hanya lokal namun juga nasional yang menginginkan tahu kondisi saudaranya.

“Berkat informasi itu juga, dalam waktu sekejap banyak bantuan yang berdatangan bagi para korban terdampak. Bantuan tersebut bermacam-macam,” ungkapnya.

Sementara itu, seperti diketahui Kementrian Sosial memberikan bantuan penanggulangan untuk Kabupaten Tasikmalaya sebesar Rp 853.855.750 yang diwujudkan berupa beras 2.000 kg, tenda serbaguna keluarga 5 unit, tenda gulung 650 lembar, velbed 325 unit, kasur 300 unit, paket sandang 40 paket, selimut 20 lembar, family kit 250 paket, kids ware 250 paket, food ware 150 paket, makanan anak 350 paket, mie instan 6.000 bungkus, dan matras gulung 100 lembar.

Total bantuan penanggulangan bencana untuk Kabupaten Tasikmalaya adalah sekaligus yang diberikan dalam bentuk uang cash sebesar Rp 962.558.750

Wakil Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto pun mengaku berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan bantuan dengan cepat kepada warganya. Bantuan pemerintah pusat kurang dari 24 jam sudah sampai.

“Saya ucapkan Alhamdulillah dan berterima kasih kepada Presiden dan Menteri Sosial,” ucapnya.

Menurutnya, saat ini ada 16 titik terdampak bencana banjir bandang. Keenam belas daerah itu membutuhkan bantuan perahu karet dan alat berat.

Untuk itu pihaknya masih membutuhkan bantuan alat berat untuk membuka jalan yang tertimbun longsong akibat banjir dan hujan lebat. Selama ini warga secara swadaya menggunakan cangkul untuk membuka akses jalan yang tertimbun longsor.

“Saya telah mengeluarkan status tanggap darurat di kabupatennya guna mempercepat penanganan banjir,” ungkapnya. (Ema Rohima)***