Bola Raksasa Yang “Ngagorolong” Ke Bale Kota Akan Digantung Di Cirahong

BUDAYA43 views

BUNGURSARI, (KAPOL).- Bola raksasa berdiamer 2,3 meter yang digelindingkan dari Kampung Leuwihieum Kelurahan Sukarindik Bungursari ke Bale Kota Tasikmalaya pada Rabu (17/8/2016), akan di gantung di Jembatan Cirahong Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya.
Sehingga, bola yang disimbolkan sebagai rakyat itu akan menjadi tontonan masyarakat karena dalam waktu dekat akan digantung dibawah jembatan yang dibangun era Kolonial Belanda itu.

Menurut kreator bola raksasa, Adith Hiracahya, Bola tersebut dibuat dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-71. Tim kreatif yang menamakan diri “URGTSK” ingin menyuguhkan kembali karya anak Tasik yang sebelumnya sukses membuat replika menara eiffel.

“Maka Bola raksasa ini kami persembahkan untuk rakyat Tasikmalaya,” ujarnya, Jum’at (19/8/2016).

Adith mengatakan, bola tergantung pemain yang menendangnya. Jika ia pemain hebat, pasti jadi gol, begitupun sebaliknya. Dan bola itu, tuturnya, simbol rakyat dimana penendang adalah Pemerintah.

“Jadi kalau pemerintahnya piawai, tentu akan menendang baik dan gol,” ucap Adith.

Adith pun memilih jembatan Cirahong karena jembatan tersebut memiliki sejarah yang begitu heroik. Ribuan warga meninggal demi membuat jalan penghubung Ciamis dan Tasikmalaya. (Jani Noor)