Deni Sagara: Lingkungan Menentukan Kualitas Pendidikan

EDUKASI10 views

Deni Sagara saat bercengkrama dengan santri penghafal Al-Quran di Kota Tasikmalaya. Kata dia lingkungan sangat menentukan kualitas pendidikan.***

TASIKMALAYA, (KAPOL).- Pemerintah baik pusat atau pun daerah harus mampu membangun lingkungan yang baik dan benar sahabat dengan anak di sekolah. Itu penting karena lingkungan sangat menentukan terhadap kualitas pendidikan bagi anak-anak.

Direktur Institut Sarjana Desa atau Institut Desa, Deni Ramdani Sagara mengatakan, banyak faktor yang bisa membangun karakter pada anak-anak-anak salah satunya lingkungan yang ramah dan baik untuk anak.

Orang tua atau rumah menjadi guru yang baik bagi anak-anak, tetapi lingkungan sekolah juga sangat menentukan. Jangan sampai anak yang dirumahnya baik, namun ketika masuk lingkungan sekolah jadi tidak baik.

“Tugas pemerintah menyediakan sarana pendidikan yang baik dan bersahabat dengan anak-anak. Sehingga anak merasa betah dan terlindungi. Apalagi bisa membangun sarana pendidikan yang bisa dijadikan sarana untuk menghabiskan masa anak-anak itu sangat bagus,” kata Deni yang juga Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya itu.

Jelasnya dalam Alquran dan hadis sudah sangat jelas diisyaratkan bagaimana besarnya pengaruh lingkungan terhadap pembentukan karakter dan kepribadian anak termasuk juga terhadap kualitas pendidikan.

Selain membangun sarana pendidikan yang ramah dan nyaman terhadap anak, juga para guru di sekolah harus bisa menciptakan lingkungan yabg baik juga. Jangan sampai sekolah malah menjadi lingkungan yang menakutkan bagi anak-anak.

“Guru juga harus bisa membimbing anak anak-anak menjadi pribadi yang baik dan berkualitas. Guru harus terus mengawasi kegiatan anak di sekolah dengan baik,” jelasnya.

Deni mengatakan, masa anak-anak itu merupakan masa keemasan yang akan menentukanukan masa depan anak di kemudian hari. Sehingga potensi itu harus dijaga oleh semua pihak, terutama pemerintah dan sekolah yang membuat regulasi pendidikan.

Orang tua tegas dia juga harus bisa memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anak dengan tauladan. Sehingga ada kesinambungan satu sama lain dalam membangun pendidikan yang berkualitas.

Lingkungan sekolah bagus tetapi lingkungan keluarga tidak bagus, tidak akan bisa membangun karakter anak yang berkualitas. Begitu juga sebaliknya, keluarga bagus, namun lingkungan sekolah tidak bagus sama saja.

Pendidikan tegas Deni menjadi tanggungjawab semua pihak, baik itu pemerintah, masyarakat dan juga para orang tua. Dan semuanya harus memiliki tujuan sama untuk membangun generasi bangsa yang unggul dan berkualitas. (Abdul Latif)***