Dinkes Sumedang Terapkan Sistem Inovasi Pelayanan Publik

BIROKRASI36 views

SUMEDANG, (KAPOL).-Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang berupaya agar semua daerah di Sumedang bisa terakses air miunum dan sanitasi yang layak.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Dr Anna H. Sabana, MKM menyebutkan, upaya tersebut merupakan skala prioritas dari Sistem Inovasi Pelayanan Publik (Sinopik) yang sebelumnya telah mendapat penghargaan Top 40 tingkat nasional dalam pelayanan publik dari Kemen PANRB. Anna menyebutkan, upaya ini telah berproses dari sejak 2012.

“Kemudian kita juga mendirikan minimarket sanitasi atau fantasi mart di setiap daerah untuk mewujudkan program sinopik ini,” ungkap Anna didampingi Kasubag Program Ekki Riswandiyah dan Kasi Farmasi dan Alat Kesehatan, Dadan di Kantor Dinkes Sumedang, Jumat (29/9/2017).

Dikatakan, aktivitas inovasi publik terkait kesehatan harus terus dipicu. Didalamnya, terkait merubah perilaku masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Terkait minimarket sanitasi atau fantasi mart muncul karena sejumlah masyarakat kesulitan dalam mewujudkan jamban. “Masyarakat difsilitasi untuk memenuhi kebutuhan yang berkaitan dengan sanitasi. Termasuk pembuatan septic tank yang murah,” ucapnya.

Selain itu, guna menambah pelayanan publik, Dinkes juga melayani konsultasi seperti membersihkan air keruh. (Nanang Sutisna)***