Domba Garut Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Posyandu

BUDAYA21 views

 

GARUT, (KAPOL).- Pada umumnya Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) digunakan pemeriksaan kesehatan oleh anak balita. Namun ada yang lain yang terjadi di Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi. Di sana, Posyandu digunakan untuk pemeriksaan hewan ternak domba garut.

Kegiatan pemeriksaan domba garut di Posyandu ini diselenggarakan Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Disnakanla) Kabupaten Garut. Adapun tujuannnya untuk memantau perkembangan dan kesehatan ikon Garut yaitu domba garut agar keberadaannya tetap terjaga.

“Posyandu ini memang khusus kita siapkan untuk memeriksa kesehatan hewan ternak. Untuk saat ini hewan yang kita periksa diprioritaskan kepada domba garut yang sudah menjadi ciri khas Garut,” ujar Kepala UPT Disnakanla Kecamatan Samarang dan Pasirwangi, Deni Risdiani saat kegiatan Posyandu Ternak di Padepokan Domba Garut Yudha Wiyogra, Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi, Senin (18/9/2017).

Dikatakan Deni, selama ini populasi domba garut khususnya di Kecamatan Pasirwangi dan Samarang cukup banyak sehingga perlu upaya pemantauan setiap pertumbuhan dan kondisi kesehatannya.

Salah seorang petugas Paramedis Posyandu Ternak, Agus Firman menyebutkan, program Posyandu Ternak ini baru berjalan pada tahun ini.

Selain di Pasirwangi, sebelumnya program yang sama juga pernah dilaksanakan di beberapa daerah lainya seperti di wilayah Kecamatan Leles, Tarogong Kaler, dan Cikajang.

“Program Posyandu Ternak ini merupakan terobosan baru dengan dilengkapi mobil operasional untuk melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan ternak domba garut. Kita sengaja melakukannya dengan sistem jemput bola untuk memberikan pelayanan kepada peternak domba garut,” kata Agus.

Sementara itu Ketua Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) DPC Garut, Saepuloh menyatakan, program Posyandu Ternak tersebut sangat membantu peternak domba dalam menjaga kesehatan dan pertumbuhan hewan. (Aep Hendy S)***