Dua Bayi di Kab. Tasikmalaya Lahir di Tahun Kabisat

HUMANIORA8 views

image

SINGAPARNA, (KAPOL).-
Tanggal 29 Februari merupakan tanggal yang langka. Tanggal itu tidak selalu ada setiap tahunnya. Tanggal 29 Februari hanya datang setiap empat tahun sekali. Fenomena alam ini pun disebut dengan tahun kabisat.

Hari ini, Selasa (29/02/2016) merupakan tahun kabisat. Ada sisi menarik di tahun kabisat yang jatuh hari ini. Di RSUD SMC Kab. Tasikmalaya, ada dua orang ibu yang melahirkan di tanggal ini. Mereka adalah Sri Wahyuni (20), warga Cigadog Singaparna Kab. Tasikmalaya dan Sinta (20), warga Tanjungjaya Kab. Tasikmalaya. Mereka melahirkan secara normal.

“Ada dua orang yang melahirkan hari ini (tahun kabisat, red). Bayi laki-laki dan bayi perempuan. Semuanya dilahirkan secara normal,” ujar  Kasi Pelayanan Non Medis RSUD SMC Kab. Tasikmalaya, dr. Iman Firmansyah.

Selain ke dua orang ini, imbuh Iman, kemungkinan nanti siang ada ibu yang melahirkan dengan proses operasi cesar.

“Saat ini masih kita observasi. Kemungkinan nanti siang kita ambil tindakkan operasi cesar,” ujar Iman.

Iman menjelaskan jika tahun kabisat ini merupakan fenomena alam. Posisi bumi mengelilingi matahari tidak dalam keadaan normal. Alhasil terjadilah fenomena yang disebut tahun kabisat. Fenomena ini hanya terjadi empat tahun sekali.

Sri Wahyuni (20), warga Cigadog Singaparna Kab. Tasikmalaya mengatakan bayi laki-laki yang baru saja dilahirkannya itu adalah anak pertama, buah dari perkawinannya. Sri sendiri mengetahui jika anak pertamanya lahir di tahun kabisat.

“Iya. Tahu (ini tahun kabisat, red). Fenomena langka,” ujar Sri sembari tersenyum.

Sri menuturkan kelahiran putra pertamanya ini sebagai anugerah yang luar biasa. Sri pun mengaku sudah menyiapkan nama untuk sang buah hati.

“Insyaalloh mau dikasih nama Febriansyah. Kebetulan kan lahirnya di bulan Februari,” kata Sri. (Imam Mudofar)