Eka Setiawan Resmi Jadi Bupati Sumedang

BIROKRASI11 views

BANDUNG, (KAPOL).- Seusai Eka Setiawan dilantik menjadi Bupati Sumedang definitif, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan berharap  roda pemerintahan di Pemkab Sumedang bisa berjalan lancar dan kondusif.

Bahkan, Aher berharap segera terwujudnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 

Berupa Sumedang Sejahtera, Nyunda, Maju, Mandiri dan Agamis (Senyum Manis).

“Apresiasi terhadap pencapaian kinerja Pemkab Sumedang dalam  merealisasikan belanja daerah pada tahun anggaran 2015 dengan capaian diatas 90 persen,” katanya pada saat melantik Eka Setiawan menjadi Bupati Sumedang sisa masa jabatan 2013 – 2016 di Gedung Sate Kota Bandung, Selasa (12/7/2016) siang.

Dikatakan, pencapaian itu menjadi salah satu indikator bahwa pelaksanaan program dan kegiatan yang telah direncanakan telah berjalan dengan optimal, efektif dan tepat sasaran.

“Apresiasi juga, bahwa dalam laporan hasil pemeriksaan BPK atas LKPD 2016, Sumedang pun meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Bahkan,  opini WTP pun sudah diraih   untuk kedua kalinya atau berturut-turut,” tuturnya.

Aher mengatakan, pencapaian tersebut harus menjadi cermin peningkatan kinerja dan pengelolaan keuangan daerah yang wajar dan berkualitas.

“Tanpa menyampingkan hasil kerja keras serta prestasi yang sudah diraih, segenap stakeholder pembangunan tahun ini pun Sumedang telah berusia  438 tahun,” katanya.

Ia  menyampaikan catatan yang perlu meraih prioritas bupati serta jajaran semua aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Sumedang untuk, pertama bisa meningkatkan indek pembangunan manusia (IPM).

“IPM tersebut diantaranya mencakup pendidikan, kesehatan, dan daya beli,” ucapnya.

Bahkan, Aher berharap agar penguatan infrastruktur hingga ke daerah-daerah di pedesaan dan perbatasan tetap dilanjutkan.

Aher pun berharap, agar Pemkab Sumedang di bawah kendali Eka Setiawan bisa meningkatkan cakupan panjang jalan dalam kondisi baik yang dikatakannya sekarang baru mencapai 47.08 persen.

“Melalui infrastruktur baik, diharapkantercipta pertumbuhan ekonomi yang lebih akseleratf dan berkualitas dalam menuntaskan kemiskinan,” katanya.

Diharapkan, Pemkab Sumedang untuk memperkuat sektoir pertanian yang sesuai catatan pada tahun 2014 Sumedang telah memberikan kontribusi sekira 21.71 persen terhadp PDLB Sumedang.

Bahkan, kata dia, agar terus meningkatkan jaringan irigasi dan program pembangunan lainnya.

“Berbagi komoditi unggulan, misal sub sektor tanaman pangan harus terus diberikan sentuhan inovasi baik dari segi aspek produk dan kemasan promosi. Tujuannya, agar menjadi produk unggulan kompetitif bernilai tambah,” tuturnya. (Azis Abdullah)