oleh

FKPDas Jabar Bentuk Korwil FKPdas Kab Tasik

GARUT, (KAPOL).- Koordinator Wilayah Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (FKPDas) Kabupaten Tasikmalaya untuk lima tahun ke depan terbentuk.

Proses pembentukan Korwil FKPDas dilakukan melalui rapat formatur yang disaksikan langsung oleh Pengurus FKP Das Jawa Barat di Hotel Harmoni Garut Selasa (27/8/2019).

Ketua Formatur, Eet Riswana mengusulkan tiga nama untuk selanjutnya ditetapkan menjadi ketua FKPDas Korwil Kabupaten Tasikmalaya yakni Aka Bonanza, Ojang Badruzaman dan Abdul Latif.

Sebelum pemilihan bakal calon ketua FKPDas Korwil Kabupaten Tasikmalaya, ditetapkan terlebih dahulu ketua dan sekretaris Formatur untuk memimpin proses pemilihan tiga nama calon ketua.

Sekretaris FKPDas Jawa Barat, Dr Yayat Hidayat mengatakan pembentukan Korwil FKPDas di Jawa Barat sangat diperlukan untuk membangun sinergitas dengan pemangku kebijakan di daerah dalam menjaga ekosistem lingkungan DAS.

“Kami saat ini fokus membentuk korwil FKPDas di Kabupaten Kota di Jawa Barat. Insya Allah sampai September tahun ini semuanya selesai,” katanya.

Ia menyebutkan setelah dilakukan pembentukan kemudian nantinya dilakukan pembinaan secara intens mengenai rencana kerja yang bisa dijadikan acuan FKPdas dalam memulihkan kondisi DAS di Jawa Barat lebih baik lagi.

“Para pengurus Korwil FKPDas diharapkan segera melakukan koordinasi dengan unsur pemerintahan, komunitas, akademisi dunia usaha untik bergerak membangun kembali ekosistem Das,” katanya.

Korwil FKPDas di Kabupaten Kota harus bergerak cepat melakukan aksi nyata, sehingga eksistensi FKPDas semakin kuat di masyarakat. Juga harus menjadi pendorong dan penggerak di bidang lingkungan dan memberikan masukan kepada para pemangku kebijakan soal lingkungan.

Ketua Formatur Pemilihan bakal Calon Korwil FKPDas Kabupaten Tasikmalaya, Eet Riswana optimis untuk kepengurusan FKPDas saat ini bisa berkontribusi besar untuk kelestarian lingkungan khususnya di daerah aliran sungai.

“Kita optimis pigur yang diusulkan memiliki jejak yang bagus di bidang pelestarian lingkungan hidup,” katanya.

Sementara itu peserta yang hadir dalam pemilihan calon ketua Korwil FKPDas Kabupaten Tasikmalaya dari berbagai unsur baik itu pemerintah, akademisi, komunitas masyarakat, dunia usaha dan juga media massa. (Abdul Latif)***

BACA JUGA