Gubernur Jabar Tebar Benih Ikan di Jatigede

SOSIAL16 views

SUMEDANG, (KAPOL).-Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, kembali melakukan penebaran benih ikan di area Waduk Jadi Gede, Blok Sukaratu Kecamatan Darmaraja, Kamis (21/9/2017). 

Kali ini, jumlah benih ikan yang ditanam orang nomor satu di Jawa Barat itu seluruhnya sebanyak 4,2 juta ekor.

Penebaran benih ikan ini, dilakukan langsung oleh Gubernur dan didampingi Bupati Sumedang H. Eka Setiawan, dengan menggunakan perahu konvensional milik masyarakat setempat.

Menurut Ahmad Heryawan, sampai Bulan September tahun 2017 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat tercatat telah berhasil menebar sebanyak 27,2 juta ekor benih ikan di Waduk Jatigede. Penembaran benih ikan tersebut dilakukan secara bertahap mulai tahun 2016.

Adapun beberapa jenis ikan yang ditanam di sana, kata Aher, semuanya merupakan jenis ikan endemik dari Balai Pengembangan Benih Ikan Provinsi Jawa Barat, antara lain jenis Ikan Nila, Bandeng Tawar, Ikan Mas, Ikan Mas Beureum Panon, Patin, Udang Galah, Sepat Siam, Ikan Tambak, Lalawak dan Nilem.

“Hari ini kita restocking ikan sebanyak 4,2 juta. Secara keseluruhan, benih ikan yang telah kita tanam mulai tahun 2016 lalu sampai sekarang itu telah mencapai 27,2 juta ekor. Dan, untuk mengantisipasi banyaknya yang mengambil ikan di tempat ini kita juga berencana untuk menambah benih ikan sebanyak 5 juta ekor pertahunnya,” ujar Aher.

Dalam amanatnya, Aher berpesan kepada seluruh seluruh masyarakat khususnya warga Sumedang agar dapat turut menjaga ekosistem air, dengan tidak menggunakan jala, racun, atau semacamnya yang bisa mengganggu populasi serta ekosistem air. (Taufik Rochman)***