Hari Buruh: Ada yang Turun ke Jakan Ada yang Bakti Sosial

SOSIAL9 views

image

CIMANGGUNG, (KAPOL).-
Sejumlah buruh di Kabupaten Sumedang mengisi hari buruh internasional (May Day) dengan kegiatan bakti sosial, jalan sehat dan donor darah.

Pantauan, panggung hiburan berupa pentas seni serta live musik di kawasan industri Dwipa Puri Abadi Cimanggung, mewarnai kegiatan yang diprakarsai SPSI Sumedang itu.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja transmigrasi, Iwa Kuswaeri mengatakan peringatan May Day ke-127 harus dijadikan momentum yang positif serta diisi serangkaian kegiatan produktf.

“Ketenaga kerjaan semakin komlek dan permaslahan yang muncul tak sedikit seiring krisis ekonomi yang berdampak terhadap ketenaga kerjaan,” kata Iwa kepada Kabar Priangan Online (KAPOL).

Sehingga, kata Iwa, masyarakat termasuk pengusaha dituntut untuk mampu menjalankan keberlangsungan usaha.

Diharapkan, kata dia, ada keterbukaan antara pengusaha dan buruh upaya mengatasi permasalahan ketenaga kerjaan.

“Kebebasan berserikat merupakan hak preogratif pekerja dan saling menjunjung tinggi hak bisa menjalin situasi yang kondusif,” tuturnya.

Peringatan hari buruh 2016 merupakan May Day is Holiday.

Dengan diisi kegiatan positif, kata dia, maka akan memperkuat kesadaran dan kebersamaan buruh se-Kabupaten Sumedang.

“Atas nama Pemkab Sumedang, menyampaikan penghargaan seting- tinggi dan berharap agar kegiatan serupa bisa dilakukan oleh semua serikat buruh di Sumedang,” katanya.

Dengan semangat May Day, Iwa mengajak semua buruh untuk membangun kesetia kawanan tanpa membatasi perjuangan kaum buruh.

Kegiatan tersebut, ikut dihadiri Muspika Cimanggung dan Jatinangor, Apindo, perwakilan serikat buruh serta masyarakat.

Wakapolres Sumedang,  Kompol Tri S mengucapkan selmat hari buruh yang juga berharap keinginan para buruh bisa terwujud.

“Kami pun berharap, kerjasama yang baik anatara semua komponen masyarakat dan pemerintahan yang sudah terjalin bersama para buruh, bisa tetap terjaga,” ujarnya.
(Azis Abdullah)