oleh

Helmi Pastikan SMP 3 Talegong Dibangun Tahun 2020

GARUT, (KAPOL).- Pemkab Garut memastikan akan segera membangun SMP di Desa Sukamaju, Kecamatan Talegong.

Hal itu guna memenuhi kebutuhan anak-anak di daerah tersebut untuk mendapatkan sarana pendidikan yang memadai.

Kesanggupan Pemkab Garut tersebut diungkapkan Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman menanggapi adanya keinginan warga termasuk anak-anak di Desa Sukamuju agar segera dibuatkan sebuah SMP di daerah tersebut.

Helmi sendiri mengaku prihatin dengan kondisi yang dialami anak-anak di daerah tersebut karena mereka harus berjuang keras agar bisa mengecap pendidikan SMP.

“Prihatin dan juga terpicu untuk secepatnya mewujudkan keinginan masyarakat terutama anak-anak di daerah tersebut agar segera dibangun sebuah SMP. Saya pastikan, kita akan bangun SMP di daerah tersebut pada tahun anggaran 2020,” ujar Helmi.

Dikatakannya, sebenarnya ia sangat menginginkan agar pembangunan SMP di Desa Sukamaju dilaksnakan secepatnya.

Namun mengingat anggaran tahun ini sudah tak memungkinkan lagi, maka pembangunannya akan dilaksanakan dengan menggunakan anggarantahun 2020.

Sebagai bentuk keseriusan rencana pembangunan SMP di Desa Sukamaju, diakui Helmi dirinya bahkan sudah secara langsung memeriontahkan Dinas Pendidikan untuk segera melengkapi persyaratan pembangunan.

Helmi mengaku dirinya telah melihat video siswa SMP di Desa Sukamaju yang meminta pemerintah segera membangun sebuah SMP di daerah tersebut.

Ia menilai apa yang diungkapkan para siswa dalam video tersebut sebagai sebuah hal yang sangat wajar karena mereka berhak menuntut hak yang harus mereka dapatkan, dalam hal ini memperoleh pendidikan yang layak.

“Video itu bukan hanya membuat saya terenyuh tapi juga merasa ditegur. Ini sebuah teguran kepada kami bahwa kami belum mampu memenuhi hak-hak mereka dalam mendapatkan hak pendidikan yang layak,” katanya.

Dalam video tersbut tutur Helmi, para siswa meminta dilaksankan pembangunan SMPN 3 Talegong ke Bupati Garut.

Pasalnya saat ini para siswa SMP berstatus kelas jauh di SMPN 1 Talegong dan sejak berdiri pada 2005 lalu, para siswa terpaksa belajar menumpang di bangunan SDN 3 Sukamaju.

Menurut Helmi, Pemda akan membangun unit sekolah baru (USB) di daerah tersebut.

Dengan adanya USB, maka para siswa tak lagi harus berstatus siswa kelas jauh SMPN 1 tapi mereka jadi siswa SMPN 3 Talegong dan tak juga harus sekolah siang karena setiap pagi sekolahnya digunakan siswa SD.

Disampaikannya, persyaratan menjadi USB sendiri saat ini sudah dapat terpenuhi sehingga tidak ada permasalahan lagi.

Untuk pendirian USB tambahnya, minimal terdapat 32 siswa per kelas sedangkan di Sukamaju saat ini sudah melebihi batas minimal bahkan total siswanya mencapai 160 orang.

“Apalagi di Kabupaten Garut saat ini, SMP kelas jauh itu hanya tinggal satu yakni yuang di Talegong ini. Yang lainnya sudah ditingkatkan jadi SMP seatap atau terbuka sehingga di Talegong harus jadi USB,” ucap Helmi.

Ditanya masalah tanah untuk pendirian SMP di Sukamaju, menurut Helmi ada dua alternatif yag bisa dilakukan.

Pertama Pemkab membantu pengadaan tanah untuk sampai 6000 meter sesuai permintaan dari pusat, sedangkan pembangunan berasal dari pusat.

“Alternatif kedua yakni dengan menganggarkan pembangunan dan pengadaan tanah dari APBD sekaligus. Kedua cara itu akan kita tempuh agar impian para siswa di Sukamaju segera terwujud,” katanya.

Lebih jauh diungkapkan Helmi, untuk pembangunan satu kelas anggaran pembangunannya sekitar Rp 200 juta. Kalau enam kelas total menjadi Rp 1,2 miliar dan itu masih bisa dianggarkan Pemkab Garut.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Yuda Imam Pribadi menyatakan kesiapannya melaksanakan pembangunan SMPN 3 Talegong sebagaimana perintah Wakil Bupati Helmi Budiman.

Sama halnya dengan apa yang diungkapkan Helmi, yuda juga mengungkapkan jika pembangunan USB SMPN 3 talegong bisa dilakukan dengan dua alternatif yakni daerah hanya membantu dalam pengadaan tanahnya saja ataupun baik pengadaan tanah maupun pengadaan dan biaya pembangunan USB-nya sekaligus langsung disediakn daerah. (Aep Hendy S)***

Foto |Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman melakukan musywarah dengan jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Garut dalam rencana pembangunan USB SMPN 3 di Desa Sukamaju, Kecamatan Talegong.

BACA JUGA