oleh

Iring-iringan Mensos Lewati Genangan Jalan HZ Mustofa

TASIKMALAYA, (KAPOL).-Perbaikan pintu air telah dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tasikmalaya beberapa waktu lalu belum mampu mengatasi genangan air di Jalan HZ Mustofa saat hujan turun, Kamis (11/4/2019). Meski tak separah sebelumnya, tinggi air menyamai trotoar tepatnya di samping pintu masuk pusat perbelanjaan Asia Plasa.

Iring-iringan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita dan pejabat pemerintah setempat pun sempat melewati kawasan tersebut saat menuju acara di Dadaha Kota Tasikmalaya. Sontak anak-anak yang tengah bermain air berlarian ke tepi jalan meski genangan mencapai betis orang dewasa.

“Sudah ada genangan lagi ketika hujan turun. Memang tidak separah kemarin (beberapa waktu lalu). Jadi air tidak tertampung di drainase, makanya meluap ke jalan,” ujar Ujang salah seorang warga setempat di lokasi.

Tak lama berselang, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya melakukan penanganan. Termasuk melakukan pemetaan di lokasi terkait kemana air mengalir dari lokasi genangan.

“Kita hanya melakukan penanganan di lapangan, soal teknis itu berada di dinas terkait,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar.

Pantauan “Kapol” di lokasi, penyebab genangan diduga kapasitas drainase yang melintang jalan HZ Mustofa tak mampu menampung debit air. Tercatat ada saluran dari tiga arah menuju saluran yang masuk ke bawah warung di seberang lokasi genangan. Dalam kurun waktu satu jam, genangan mulai hilang seiring dengan menurunnya intensitas hujan.

“Ada dari saluran arah AP, dari pemukiman warga dan dari arah selatan. Semuanya menyatu dan menyeberang jalan. Makanya ketika drainase penuh, air tidak bisa masuk kelubang-lubang yang ada di trotoar,” kata salah seorang pedagang yang mangkal di lokasi tersebut.

Kepala Dinas PUPR Kota Tasikmalaya, Adang Mulyana mengatakan sudah meminta anak buahnya untuk melakukan pemetaan di lokasi pasca perbaikan pintu air. Genangan pun tidak terlalu lama surut sebab pintu air sudah berfungsi dan bisa mengalirkan air di Sungai Cikalang.

“Nanti dievaluasi kembali agar penanganan genangan dapat maksimal,” katanya ketika dihubungi. (Inu Bukhari)***

BACA JUGA