Jelang Mudik, Waspadai Jalur Rawan Longsor Salawu

LINIMASA30 views

image

SALAWU, (KAPOL).-

Pemudik yang akan menuju Tasikmalaya melalui Garut-Singaparna sepertinya akan sedikit terganggu. Longsor yang terjadi di Jalan Raya Salawu-Garut, tepatnya di Kampung Cikaso Desa Kutawaringin Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya sampai dengan detik ini masih dalam perbaikan.

“Kemungkinan besar perbaikan baru akan rampung September 2016 nanti,” ujar Pengawas Lapangan Balai Wilayah PU Dinas PU Binamarga Provinsi, Ridwan Rana Lesmana.

Lebar longsoran sendiri mencapai sekitar sepuluh meter dengan kedalaman yang cukup curam. Saat ini arus lalu lintas diatur oleh warga sekitar dengan menggunakan sistem buka tutup. Warga juga memanfaatkan kondisi tersebut dengan membuka kencleng atau sumbangan seikhlasnya pada para pengguna jalan yang melintas di jalur tersebut.

Terganggungnya arus lalu lintas tersebut juga diiyakan oleh Kapolda Jawa Barat, Irjen. Pol. Bambang Waskito. Bambang yang pada Rabu (22/6/2016) kemarin mengcek langsung persiapan pengamanan arus mudik di jalur selatan Jawa Barat juga sempat melihat kondisi longsor yang sedang dalam perbaikan. Meski hanya sekedat lewar dan tidak turun langsung dari kendaraan.

“Jelas ini akan mengganggu kelancaran arus mudik. Namun demikian kita sudah menyiapkan langkah antisipasi. Salah satunya ada pasukan siaga bencana dari polisi yang sudah kita sediakan,” ujar Bambang. (Imam Mudofar)