Koalisi Golkar, Gerindra, dan Demokrat Kian Menguat

POLITIKA0 views

CIPEDES, (KAPOL).-
Lusa, Jum’at (18/3/2016), Koalisi tiga Partai yakni Partai Golkar, Gerindra dan Demokrat akan melakukan penandatangan koalisi. Tempat belum ditentukan, namun persiapan sudah 99 persen.

“Draft kesepakatan pasal per pasalnya sudah disepakati. Tinggal di tandatangani dan bermaterai,” kata Ketua DPC Partai Gerindra Kota Tasikmalaya, Nandang Suryana, Selasa (15/3/2016).

Menurut Nandang, isi pasal normatif saja. Intinya untuk penentuan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota boleh mengajukan dua nama bakal calon ke tim koalisi.

“Lalu menentukan siapa ketua koalisi, termasuk struktur lainnya,” ujarnya.

Nandang pun mengatakan MoU koalisi yang sudah ditandatangani dilaporkan ke masing-masing partai untuk diteruskan ke DPD atau DPW.

Ketua DPD Partai Golkar, Noves Narayana, membenarkan kalau secara informal sudah selesai. Tinggal penandatanganan yang rencananya Jum’at (18/3/2016).

“Ini berarti koalisi kami lebih serius karena sudah mengerucut pada suatu kesepakatan formal,” ucap Noves.

Mengenai pencalonan, Noves belum bisa memutuskan karena harus melalui pleno sesuai mekanisme internal. “Golkar pasti mengajukan calon. Meski jatah dua tapi yang diajukan tetap satu,” tuturnya.

Ketua DPC Partai Demokrat, Wahyu Sumawidjaya menandaskan penandatanganan hari Jum’at nanti belum pada pengusungan calon. Tapi kepastian resmi bahwa Demokrat, Gerindra dan Golkar berkoalisi. (Jani Noor)