Lewat Fotografi & Medsos, Viralkan Potensi Daerah

KALANG9 views

TASIKMALAYA, (KAPOL).-

Lewat sudut-sudut apik yang dibidiknya dan terunggah di jejaring sosial, anak-anak muda ini memviralkan Tasikmalaya ke seluruh penjuru, dari sisi yang berbeda. 

Salah satu penggiat komunitas kreatif, Firman Maulana, menyebutkan berkembangnya media sosial yang semakin masif ini pada akhirnya tidak hanya memberikan dampat positif bagi industri-industri raksasa ataupun industri kreatif. “Tapi paling terasa multiplier effect-nya itu justru untuk daerah-daerah yang bisa memanfaatkan medsos ini wahana untuk mengangkat potensinya,” kata pria yang juga kreator Sukapura Project ini,  dalam kegiatan bertajuk ‘Ngofi, Ngobrol Fotografi’ yang digelar di Loop Cornet Palma Cafe, akhir pekan kemarin.

Maka itu, Firman menegaskan medsos kini memiliki power yang patut diperhitungkan dan tidak dapat dianggap sepele. “Denyut fotografi pun terlihat semakin positif, dari hasil kegiatan ini kita ingin jadi starting point untuk menyatukan komunitas kreatif, agar nanti membuahkan karya sebagai kontribusinya untuk Tasik,” tambah dia.

Wildan Fadil M, founder akun instagram @exploretasikmalaya mengakui hal tersebut. Dari akun yang diolahnya tersebut, kini diikuti lebih dari 19.500 pengguna tak hanya keindahan alam yang diposting, namun juga sisi humanis Tasikmalaya, dari culture, pasar tradisional, dan potensi lainnya. “Ya, sejauh ini respon dari luar kota banyak berdatangan, baik meninggalkan komentar atau pertanyaan, bahkan juga repost. Kita inginnya mendukung Tasik bisa lebih populer karena memang layak jadi destinasi untuk dikunjungi,” kata dia. Selain itu juga, hadir salah satu narasumber lainnya, Muhammad Mulyasa, kreator Aesthetic Shot, yang membagikan trik social media managing. Rencananya, dalam waktu dekat, kegiatan serupa juga akan kembali digelar para penggiat kreatif tersebut.

Supervisor Youth & Community Telkomsel Branch Tasikmalaya, Andri Sulaeman, mengaku pihaknya sangat mendukung komunitas-komunitas kreatif lokal yang melakukan perubahan untuk daerahnya. “Banyak program yang kami buat untuk komunitas, khususnya anak-anak bangsa yang memiliki semangat dan kepedulian tinggi terhadap daerahnya. Seperti teman-teman di Tasikmalaya ini yang terus berdedikasi memboomingkan nama Tasik di ranah digital,” ujarnya.

Termasuk dalam akses komunikasi, lewat jaringan handalnya, perusahaan pelat merah ini berkomitmen untuk mempermudah komunitas bereksplorasi di dunia digital. “Karena ya sekarang paling gampang memperkenalkan di media sosial, maka itu kami juga support dari paket datanya,” ujarnya. (Astri Puspitasari)***