Masuk Pemukiman, Macan Tutul Dijebak Warga

LINIMASA11 views

image

INDIHIANG, (KAPOL).-
Seekor macan tutul tertangkap warga di kawasan kaki Gunung Syawal Kabupaten Ciamis, tepatnya di Dusun Balandong Desa Mandalare Kecamatan Panjalu, Rabu (30/03/2016) siang.

Cemahya, salah seorang warga menuturkan macan tutul itu terperangkap dalam jebakan warga. Warga memasang jebakan berupa tali nilon. Pasalnya sudah beberapa hari ini ternak milik warga hilang. Diduga kuat macan tutul itu yang memangsa ternak-ternak tersebut.

“Beberapa ayam hilang. Ada yang melihat macan itu mendekati permukiman, makanya kami membuat perangkat” kata Cemahya.

Warga yang kesulitan menenangkan macan tutul itu kemudian melapor ke BKSDA. Dibantu polisi dan TNI, evakuasi pun dilakukan. Macan itu dievakuasi dan dimasukkan ke kandang khusus.

Kepala Resort Wilayah XIX Gunung Syawal Kabupaten Ciamis, Warid mengatakan macan tutul tersebut turun ke pemukiman dalam beberapa hari terakhir dan memangsa ternak masyarakat.

Warga kemudian berinisiatif untuk memasang perangkap dengan menggunakan tambang. Macan itu kemudian terjerat di tebing jurang. Macan tutul dengan panjang badan sekitar 80 sentimeter, tinggi 70 sentimeter dan berusia sekitar 2 tahun itu terpaksa dilumpuhkan dengan bius. (Imam Mudofar)