Kritis tapi Etis

Membangkitkan Nasionalisme Kaum Milenial

Resha Fauziah | Pelajar MA Al-Choeriyyah Cibeas Singaparna

Resha Fauziah

HARI Kebangkitan Nasional merupakan momen semangat persatuan dan kesatuan serta tekad untuk memperjuangkan kemerdekaan. Pada tanggal 20 Mei ditandai sebagai hari bangkitnya nasionalisme kala itu.

Hal tersebut merupakan simbol untuk mendeskripsikan bagaimana bangsa Indonesia mulai bangkit melawan penjajah.

Bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran sebagai bangsa untuk memajukan diri. Hal tersebut bisa dilakukan melalui gerakan yang terorganisir guna mencapai cita-cita kemerdekaan.

Pada zaman penjajahan, rakyat Indonesia berjuang melawan penjajah dengan mengorbankan nyawa. Di zaman sekarang kaum milenial pun bisa melakukan hal serupa tapi tak sama. Tentu disesuaikan dengan keadaan dan perkembangan zaman. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk tetap bisa mempertahankan nasionalisme yang sudah dibangun. Tindakan yang bisa dilakukan seperti berikut :

1. Stop menyebar berita hoax.
Belakangan ini, sosmed menjadi alat untuk penyebaran berita bohong dengan tujuan menjatuhkan orang lain, dan hal tersebut sangat merugikan orang lain. Sebaiknya sebagai generasi milenial lebih teliti sebelum menyebarkan berita, telusuri, pahami, dan cari kebenarannya. Karena penyebaran berita bohong dapat menyebabkan permusuhan dan perpecahan bangsa.

2. Hindari Diskriminasi
Menghindari diskriminasi, baik itu sosial, ekonomi, atau bahkan politik. Negara Indonesia terkenal dengan keanekaragaman. Keanekaragaman ini merupakan sebuah kekuatan besar jika diskriminasi tak dapat disingkirkan tentu akan merusak kebesaran bangsa.

3. Jangan lupakan sejarah
Sebagai generasi penerus, semua wajib tahu sejarah bangsa dan perjuangan Indonesia. Dan jangan lupa untuk terus melestarikan budaya bangsa agar tidak hilang ditelan waktu.

Oleh sebab itu kebangkitan nasionalis haruslah menjadi tonggak sejarah bangsa Indonesia yang harus dipelajari dan dipahami, agar ke depannya bisa dijadikan inspirasi dalam membangun bangsa untuk mewujudkan cita-cita hidup berbangsa.

Rasa nasionalisme mendorong bangsa untuk tetap eksis, mandiri, berkembang, untuk mencapai kemajuan dengan harapan masyarakat yang aman, damai, adil makmur dan sentosa.

Hari Kebangkitan Nasionalis merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia yang memberikan peringatan agar kita tetap bersatu dalam menjaga keutuhan NKRI.

Dengan ikut berpartisipasi, kaum milenail bisa melakukan sumbangsih pada negara, meskipun dalam bentuk yang berbeda yaitu dengan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kejayaan Republik Indonesia tercinta.

Diskusikan di Facebook
Baca juga