Menyongsong Generasi Emas Melalui Kehadiran BUMN Mengajar

EDUKASI63 views
Siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya antusias bertanya di sela sesi tanya jawab dalam kegiatan BUMN Mengajar, Rabu (10/8/2016).

​TASIKMALAYA, (KAPOL).-

Pembelajaran hari ini tidak bisa bersifat teoritis semata, lebih daripada itu penguatan taktis yang aplikatif harus juga diberikan kepada peserta didik. Demi mempersiapkan generasi emas Indonesia yang berdaya saing itulah, kolaborasi berbagai komponen harus mulai digerakkan.

Seperti, inisiasi yang digagas Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lewat program ‘BUMN Mengajar’ dan serentak difasilitasi oleh seluruh BUMN di 34 Provinsi setanah air.

SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya pun menjadi rujukan salah satu BUMN, yakni PT. Taspen Cabang Tasikmalaya untuk mewujudkan komitmen berpartisipasi dalam mencerdaskan generasi bangsa tersebut.

Wakasek Kurikulum SMAN 1 Kota Tasikmalaya Dr. H. Yonandi SSi, MT menyambut baik kegiatan positif tersebut. Sebab, dia menilai untuk membentuk generasi emas, tidak hanya dapat diwujudkan oleh peran aktif para pendidik saja. “Semua pihak, dari mulai pemerintah, masyarakat, hingga instansi pun harus bersinergi dan hadir di tengahnya. Dimana akhirnya dengan pola seperti ini, sesuai juga apa yang ada di dalam Kurtilas, anak-anak bisa terfasilitasi sepenuhnya baik itu akademis, softskill, bahkan juga hardskill,” ujarnya dijumpai di sela kegiatan yang digelar di ruang konferensi Lantai 3 tersebut, Rabu (10/8/2016) kemarin.

Tak heran, sebanyak 100 siswa dari kelas XII tersebut tampak antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung selama dua jam tersebut. Selain seksama menyimak pemaparan yang diberikan Kepala Cabang PT. Taspen Tasikmalaya Heri Sukmara, para murid juga tergolong aktif pada sesi tanya jawab.

Dalam kesempatan tersebut, selain siswa dikenalkan terhadap BUMN dan profesi yang terdapat di dalamnya, juga selayang pandang perusahaan, mereka pun mendapatkan suntikan motivasi dari Kepala Cabang sebagai sumbernya, yang turut membagikan kisah suksesnya. 

Yonandi mengatakan apabila pihaknya sangat terbuka untuk bentuk kegiatan inspiratif, seperti demikian. “Kami sangat menyadari apabila pelajaran di kelas itu terkadang membuat anak jenuh, sehingga selama konteksnya memberikan pelajaran dan menambah wawasan, kami tentu dukung. Apalagi ini pertama kalinya ada kegiatan dari BUMN Mengajar, kami tegaskan kepada anak-anak untuk bisa serap dan cerna pengalaman berharga yang dibagikan,” ujarnya.

Dalam kegiatan dimana peserta didik ditanamkan nilai-nilai integritas, kejujuran, kerja keras dan tekad yang kuat, pun Taspen Tasikmalaya memberikan bantuan pendidikan berupa satu unit Personal Computer beserta printer.

Kepala Cabang PT. Taspen Tasikmalaya Heri Sukmara mengatakan kegiatan yang hari itu serentak juga dilakukan di beberapa cabang, diharapkan dapat mengakselerasi pembangunan kapasitas nasional melalui generasi penerus yang berkualitas. 

“Generasi muda saat ini menghadapi tantangan yang luar biasa dengan perubahan dunia yang semakin dinamis, meski demikian itu harus dapat dimaknai sebagai motivasi bersama demi memajukan peradaban bangsa. Di pundak mereka inilah tanggungjawab besar itu ada, dan kita wajib mempersiapkan untuk itu,” paparnya.

Heri mengajak siswa kelas XII tersebut untuk terus menggali potensi diri, terlebih pijakan yang lebih tinggi, yakni bangku kuliah sebentar lagi akan mereka hampiri. “Cita-cita itu sangat mungkin dicapai, selama ada persiapan yang matang dan usaha keras,” tegasnya. (Astri Puspitasari)***