Menyulap Goa Menjadi Destinasi Wisata

EDUKASI18 views
image
PULUHAN mahasiswa, pecinta alam, tanaga pendidik dan dinas pariwisata serta dinas pendidikan Kabupaten Tasikmalaya ikuti seminar Speleologi Kawasan Karst. Dengan tema "Potensi Kawasan Karst, Wisata Goa Dalam Perspektif Pendidikan Dan Pengembangan Ekonomi" , Minggu (1/5/2016) | ERWIN R WIDIAGIRI/"KP"

KAWALU, (KAPOL).-
Goa salahsatu kekayaan alam yang patut dilestarikan. Sebab goa sebagai salah satu potensi sumber daya alam yang bisa dijadikan sebagai kawasan wisata maupun sebagai kawasan sumber ilmu pengetahuan.

Di dalam goa sendiri banyak sekali kekayaan hayati, hewani maupun beragam bebatuan dan sumber alam lainnya. Untuk bisa menggali potensi tersebut digelar Seminar Speleologi Kawasan Karst. Bertema
“Potensi Kawasan Karst, Wisata Goa Dalam Perspektif Pendidikan Dan Pengembangan Ekonomi” , Minggu (1/5/2016) di aula kampus STIA SPPT Priatim Tasikmalaya.

Puluhan mahasiswa, komunitas pecinta alam, Guru Geografi SMA se-Tasikmalaya, termasuk Dinas Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya, Dinas Pendidikan, dan MGMP Geografi ikut dalam seminar tersebut.

Menurut salahseorang narasumber Presiden HIKESPI Dr. Cahyo Alkantana,  M.Sc, goa adalah sebuah kekayaan alam yang punya potensi tinggi. Selain untuk pengembangan ilmu pengetahuan goa juga bisa dijadikan sumber ekonomi. Untuk pembangan ilmu pengetahuan sudah sangat jelas didalam goa terdapat beragam ekosistem. Selain itu banyak pula jenis bebatuan yang menjadi bahan untuk penelitian. Hal ini bisa dikembangkan kedalam salah satu program pendidikan. Dimana para pelajar bisa secara langsung mempelajari tentang goa. Mulai dari usia goa tersebut, kondisinya, letak geografisnya, kekayaan flora dan faunanya hingga fakta sejarah terkait gia tersebut.

Ditambahkan Cahyo, goa memiliki sumber potensi ekonomi atau pengembangan ekonomi yakni, goa itu bisa dijadikan tempat wisata edukasi. Dari situ goa bisa dikomersilkan namun tetap tidak untuk dieksploitasi. Akan tetapi lebih cenderung kepada pemanfaatan kekayaan alam itu hanya untuk edukasi ataupun wisata alam yang memicu adrenalin tanpa merusak kondisi atau kawasan goa dan sekitarnya. Kawasan itu harus tetap alami.

Sementara menurut Penyelenggara UKM Pecinta Alam KAMAPALA, Ketua KAMAPALA Ai Sukma Siti Nurjanah, kegiatan ini merupakan kegiatan yang digagas untuk menyebarkan maupun mengajak tenaga pendidik, dinas terkait, suluruh komponen pencinta alam dan mahasiwa mauoun pelajar untuk mengenal goa dan segala kekayaan yang ada di dalamnya. Khususnya goa yang ada di Tasikmalaya dan Priangan Timur.

“Tujuan kegiatan menggali potensi sumber daya alam dan potensi wisata diwilayah Tasikmalaya pada khususnya,” katanya.  (Erwin RW).