Kritis tapi Etis

Mudik? Cobalah Jalur Selatan Jabar

Catatan Hazairin Mahesa | Dewan Redaksi Kabar Priangan

MUSIM mudik lebaran 2019 sudah akan dimulai Jumat (31/5/2019) sore. Anda bosan dengan jalur biasa? Cobalah jalur nasional pantai selatan (pansela) Jawa berikut ini.

Di sepanjang jalur ini, sis and brow bisa menikmati pesona alam perpaduan pemandangan hamparan sawah, pegunungan, dan pantai. Moleknya tanah pertiwi yang kata Multatuli dalam bukunya “Max Havelaar” bak rangkaian zamrud di khatulistiwa, sangat “recommended” untuk dijadikan spot foto-foto dengan latar belakang yang menarik.

Jalur pansela Jawa sebenarnya terbentang sepanjang 1.405 kilometer melewati 23 kabupatem mulai dari Kabupaten Serang di Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sampai ke Banyuwangi di Jawa Timur. Namun di sini kita hanya berbicara jalur pansela mulai dari Banten dan Jabar saja, Kondisi jalannya? Lus mulus, lebar 5 sampai 7 meter aspal hotmix dan beton. Pokoknya bisa ngacirrr deh!

Okay kita star dari Provinsi Banten. Jalur ini mulai dari Kabupaten Serang, Pandeglang dan Lebak. Lalu masuk ke Jawa Barat melalui Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran dan Kota Banjar sebelum masuk Jawa Tengah.

Menurut data Kementrian PUPR ada puluhan obyek wisata pantai tersebar di sepanjang jalur ini. Berawal dari Provinsi Banten, selain obyek yang sudah lama dikenal, kita juga bisa mencoba mengunjungi Pantai Sawarna dan Tanjunglayar.

Lanjut ke Wilayah Jawa Barat, sedikitnya ada 13 obyek wisata menarik yang bisa dikunjungi. Yaitu Pantai Pelabuhanratu, Geopark Ciletuh dan Pantai Ujung Genteng di ruas jalan Surade, Kabupaten Sukabumi. Kemudian, ada Pantai Tegal Buleud di ruas jalan Tegal Buleud di kabupaten yang sama.

Selanjutnya, ada Pantai Arafa di ruas jalan Sindangbarang dan Cidaun Kabupaten Cianjur. Terus ke arah perbatasan Kabupaten Garut, tepatnya di ruas jalan Cilaki bisa ditemui Jembatan Cilaki yang merupakan jembatan penghubung antara Kabupaten Cianjur dengan Kabupaten Garut.

Di Kabupaten Garut sendiri, ada Pantai Rancabuaya dan Pantai Guha di ruas jalan Rancabuaya, Pantai Cijayana di ruas jalan Cijayana; Pantai Sayang Heulang di ruas jalan Cilauteureun dan Pantai Santolo di ruas jalan Cilauteureun.

Lepas dari Kabupaten Garut, masuk ke wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Di jalur pansela wilayah ini kita bisa menikmati indahnya Pantai Cipatujah, Pamayang, Cikalong dan Pantai Karangtawulan.

Berlanjut ke Kabupaten Pangandaran, ada Pantai Kesikluhur, Madasari, Batukaras, Greencanyon, Bojongsalawe, Batu Hiu, Pantai Pangandaran, Karangnini dan Pantai Karapyak. Dari sini, pemudik bisa langsung bablas lewat Kota Banjar, lalu masuk lagi menyusuri pantai selatan Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur.

Itulah sejumlah obyek wisata yang bisa sis dan brow singgahi jika lewat ke jalur pansela di Banten dan Jawa Barat. Jalur ini memang layak untuk dicoba. Ada suasana baru, dan yang pasti dijamin bebas macet.

CATATAN: selain jalannya yg mulus, di jalur ini masih jarang SPBU, bengkel, rumah makan dan tambal ban. So, Kang Bro n Sis pastikan tangki penuh BBM, bawa bekal serta mesin dan ban dalan kondisi prima.

Yu ah tarik Maaaang. Ting-tung!

Diskusikan di Facebook
Baca juga