oleh

Pelajar yang Melanggar Aturan Lalu Lintas Disanksi 

BUNGURSARI, (KAPOL).- Sejumlah pelanggar termasuk anak usia sekokah yang mengendarai motor terjaring rajia Gelar Operasi Patuh Lodaya 2019, Kamis (29/8/2019).

Beberapa palanggar pelajar diberikan sanksi push up karena tidak menggunakan helm saat berkendari di kawasan Cimulu Kota Tasikmalaya.

Kapolres AKBP Febry Kurniawan Ma’ruf menyebutkan ada delapan sasaran prioritas operasi patuh lodaya.

Hal tersebut merupakan peraturan yang dikeluarkan Korlantas Polri yang tidak boleh dilanggar oleh para pengendara.

Diantaranya penggunakan HP saat mengendarai kendaraan, mengemudikan kendaraan dalam keadaan mabuk, mengendarai kendaraan di luar batas kecepatan dan pengemudi di bawah umur.

“Selain itu, pengendara yang tidak menggunakan safety belt, melawan arus lalu lintas saat berkendaraan, tidak menggunakan Helm SNI dan menggunakan lampu rotator atau Strobo juga akan dijaring. Sebab itu sudah melanggar ketentuan,” kata Febry usai gelaran apel di Mako Polres Tasikmalaya Kota.

Operasi Patuh ini, kata Febry, merupakan kegiatan terpusat yang rutin dilaksanakan dan menjadi kalender operasi polisi.

Adapun tahun ini dilaksanakan mulai 29 Agustus sampai 14 September 2019.

Petugas langsung melakukan operasi di titik-titik wilayah Kota Tasikmalaya yang dinilai rawan pengendara yang melanggar.

Dianataranya di Taman Kota Tasikmalaya, Simpang Tiga Cimulu dan lokasi lain selama gelaran operasi patuh lodaya.

Sementara dalam gelaran apel Operasi Lodaya diikuti dari seluruh elemen dan dihadiri Dan Lanud Wiriadinata, Kas Brig. 13 Galuh Kostrad, Dandim 0612 Diwakili oleh Danramil Kota, Para PJU Staff Mapolres Tasikmalaya Kota,

Pasukan gabungan dalam pelaksanaan operasi patuh diantaranya Brigif 13 Galuh Kostrad, Kodim Tarumanagara Tasikmalaya, Lanud Wiriadinata akan terjun pula. Guna memeriksa kendaraan yang digunakan anggota TNI.

Selain itu, Sabhara Polres Tasikmalaya, Staff Mapolres Tasikmalaya Kota, Sat Lantas, Gabungan Reskrim dan Intelkam, Dishub, Pol. PP, PKS dan pasukan Lantas Bermotor serta Mobil juga akan melakukan patroli dan rajia selama dua pekan ini. (KAPOL)***

Foto : Istimewa

BACA JUGA