Pemkab Tasikmalaya Kembali “Belanja” Mobil Dinas Baru

BIROKRASI8 views

SINGAPARNA, (KAPOL).-

Masih teringat dibenak banyak orang, pada pertengahan tahun 2015 lalu Pemerintah Kab. Tasikmalaya memberikan mobil dinas kepada seluruh camat yang ada di Kab. Tasikmalaya. Ke 39 camat ini diberi mobil dinas Toyota Avanza berwarna putih. Kali ini, Pemerintah Kab. Tasikmalaya kembali memberikan mobil dinas baru. Delapan pejabat dinas Pemkab. Tasikmalaya akan mendapatkan mobil dinas merk Toyota dengan keluaran terbaru. Dari delapan mobil dinas baru itu, 6 unit mobil jenis Toyota Inova tipe G untuk pejabat setingkat Kepala Dinas, 1 unit Toyota Avanza tipe G dan 1 unit Toyota Rush untuk pejabat setingkat Sekertaris Dinas.

Kisaran harga dari masing-masing mobil dinas baru itu juga berbeda-beda. Data yang dihimpun  Kabar Priangan, untuk Toyota Inova tipe G misalnya. Angkanya berada di kisaran Rp. 282.000.000. Sedangkan untuk Toyota Avanza tipe G, kisaran harganya berada diangka Rp. 209.400.000 dan untuk jenis Toyota Rush, angkanya berada di kisaran Rp. 228.700.000.

Diketahui jika pengadaan ke delapan mobil dinas baru ini masuk di anggaran perubahan 2015. Hanya saja penyerahannya dilakukan akhir tahun 2015, tepatnya 27 Desember 2015 lalu. Kendaraan dinas baru ini juga tampak sudah digunakan oleh para penerimanya.

Sekertaris Daerah Kab. Tasikmalaya, Abdul Kodir mengatakan pembeliaan mobil dinas baru ini diberikan berdasarkan kebutuhan. Tujuannya untuk menunjang mobilitas dan kelancaran kinerja para pejabat dinas. Selain itu, kata Kodir, berdasarkan aturan juga diperbolehkan membeli mobil dinas baru dengan syarat mobil dinas lama yang sudah tidak layak pakai dikeluarkan.

“Beberapa waktu lalu kita mengadakan pelelangan tahap pertama untuk puluhan mobil dinas lama. Nanti ada pelelangan lagi tahap ke dua,” kata Kodir, Selasa (5/1/2016) kemarin.

Mobil dinas yang lama dari para pejabat dinas ini, kata Kodir, usianya ada yang sudah lima tahun. Bahkan ada yang sudah berusia sepuluh tahun. Sudah saatnya layak untuk diganti. Sedangkan untuk mobil dinas yang lama, imbuh Kodir, akan diberikan ke pejabat setingkat Sekertaris Dinas dan Kepala Bidang.

Sayangnya ketika ditanya berapa besar anggaran yang dikeluarkan untuk pengadaan delapan mobil dinas baru ini, Kodir enggan memberikan jawaban.

“Kalau berapa angka pastinya kurang tahu. Silahkan langsung tanya ke dinas terkait, (DPPKAD, red),” ujarnya. (Imam Mudofar)

Komentar