Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja, Masuk Dalam MPLS SMK TMK

EDUKASI155 views

KALIPUCANG, (KAPOL).- Di awal tahun ajaran baru, semua siswa pasti merasakan kegiatan yang namanya masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

Nah untuk siswa SMK Teknologi Modern Kalipucang (TMK), masa MPLS yang dulu kerap disebut Masa Orientasi Siswa Baru (MOS) itu diisi dengan pengenalan Pendidikan Kesehatan Reproduksi pada Rabu (19/7/2018).

Setidaknya ada 180 siswa baru yang ikut dalam pengenalan lingkungan sekolah tersebut. Penggiat Komunitas Sobat Reproduksi Remaja, Rizal Qudrotulloh A S.KM menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut.

Rizal Audrotulloh menegaskan, pendidikan kesehatan reproduksi salah satu element penting yang harus disampaikan kepada remaja.

Melalui pendidikan kesehatan reproduksi remaja tersebut diharapkan para siswa memahami batasan proses tumbuh kembangnya ke depan dalam rangka aktualisasi diri generasi muda.

“Kami sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan SMK Tekno Kalipucang, mau memasukan materi tentang kesehatan reproduksi remaja dalam MPLSnya. Ini materi yang sangat penting diketahui oleh para siswa,” jelasnya.

Ujarnya, melalui pendidikan kesehatan reproduksi remaja ini, diharapkan para siswa bisa membentengi diri sendiri. Seiring dengan pergaulan yang semakin terbuka akibat pengaruh arus informasi dan teknologi yang berkembang pesat saat ini.

Perlu dipahami tambahnya, bahwa akibat dari pergaulan bebas tersebut dapat meningkatkan kasus-kasus lanjutan yang kaitannya dengan penyimpangan perilaku remaja.

“Kondisi sekarang sangat khawatir dengan terjadinya seperti hamil di luar nikah, aborsi dan penularan penyakit seksual HIV/aids,” tuturnya. 

Ia mendorong, sekolah lain untuk memasukan materi-materi kesehatan reproduksi dalam masa MPLS. Karena, pendidikan kesehatan reproduksi remaja merupakan hak yang harus dipenuhi untuk meningkatkan kualitas remaja itu sendiri.

“Materi seperti ini sangat bagus diberikan kepada siswa didik baru,” tambahnya.(Jerry/KAPOL)***