Pertanyakan Dana Siltap, Kepala Desa Datangi Kantor DPPKAD

LINIMASA12 views

image

SINGAPARNA, (KAPOL).-
Ratusan kepala desa di Kabupaten Tasikmalaya serempak mendatangi kantor Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (01/03/2016) siang.

Mereka datang dengan maksud audiensi, mempertanyakan siltap (penghasilan tetap) honor kepala dan perangkat desa yang sudah berbulan-bulan tak kunjung mereka terima. Para kepala desa dari berbagai daerah di Kabupaten Tasikmalaya ini diterima langsung oleh Sekertaris DPPKAD Kabupaten Tasikmalaya, Roni Syahroni.

Kepala Desa Padawaras Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, Yayan Siswandi menuturkan sampai hari ini ia belum dan perangkat lain di desanya belum menerima dana siltap sejak bulan Januari 2016 kemarin. Padahal, ujar Yayan, dana siltap para aparat desa ini sudah lama ditunggu-tunggu. Pasalnya dana tersebut jadi sumber pendapatan para aparatatur desa.

“Kalau untuk kehidupan sehari-hari ini kan tidak bisa ditunda-tunda atau dinanti-nanti. Bahkan ada yang sampai ngutang untuk kebutuhan sehari-hari gara-gara siltap ini belum turun,” ujar Yayan.

Para kepala desa ini pun, lanjut Yayan, sepakat untuk mendatangi kantor DPPKAD Kabupaten Tasikmalaya. Mereka ingin tahu apa yang menjadi kendala dana siltap ini tak kunjung turun dan terdistribusikan ke para aparatur desa.

“Hampir setiap tahun, tiap bulan awal tahun selalu seperti ini (dana siltap tak kunjung turun, red). Gak tau apa masalahnya,” kata Yayan. (Imam Mudofar)