PLN, Pemadaman Listrik Karena Ada Perbaikan Jaringan

KORPORASI15 views

RAJAPOLAH, (KAPOL).- Terkait adanya pemadaman listrik di wilayah Pagerageung, Rajapolah yang dikeluhkan warga hingga melajukan aksi unjukrasa ke PLN Rajapolah, Supervisor Teknik PLN Rapajapolah, Kelik Kurniawan mengungkapkan, pemadaman itu sebenarnya sudah disosialisasikan melalui unsur RT/ RW, DKM serta perangkat desa kecamatan kantor layanan terkait, mengenai adanya perbaikan listrik sehingga adanya pemadaman. Perbaikan tersebut diharapkan bisa meningkatkan pasokan listrik dan pelayanan bagi pelanggan.

“Jadi adanya pemadaman itu dikerenakan ada pekerjaan atau ada rehab jaringan yang bertujuan meningkatkan keandalan pasokan listrik. Kabel yang sudah usang diganti dengan kabel yang baru yang sudah dilapisi karet atau ada isolasinya,” kata Kelik, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (29/9/2017).

Keandalan sendiri, kata Kelik, terkait dengan masalah gangguan, yaitu, kabel yang sudah ada kondisinya sudah lama dan sudah waktunya untuk diganti. Selain kabel tersebut masih terbuka sehingga rawan gangguan baik oleh binatang maupun oleh ranting pohon yang jatuh ke listrik, sehingga terjadi jaringan listrik mati atau padam. Dengan kabel yang baru, lanjut Kelik, pasokan lintriknya lebih bagus juga aman dari gangguan binatang ataupun ranting pohon.

Sementara jadwal pekerjaan perbaikan kabel tersebut, kata Kelik, sudah berjalan dan rencananya pekerjaan selesai hingga awal november 2017. Yang terkena imbas pemadaman karena perbaikan ada sekitar seribu pelanggan. Namun untuk pastinya lebih detail ke gardu.

“Untuk pemadan artinya dalam satu minggu gardu a yang dipadamkan, minggu deoannya gardu b. Jadi pelanggan gardu a tidak terkena pemadaman. Begituoun selanjutnya. Paling dalam satu minggu hanya satu kali pemadaman yakni dari jam 8 sampai jam 4 sore. Mudah-mudahan jam 3 juga sudah bisa dinyalakan, tergantung kondisi cuaca,” katanya.

Sedangkan untuk malam hari pelanggan tidak perlu khawatir karena tidak ada pemadaman dimalam hari. Sebab tidak pengerjaan perbaikan pada malam hari. Terkecuali kalu ada gangguan seperti binatang dan ranting jatuh ke jaringan listrik atau karena gangguan faktor alam yang mengakibatkan gangguan sehingga padam listrik.

Salah satu kinerja PLN diukur dari gangguang, makanya selain perbaikan dan pemeliharaan guna meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan yakni dengan mengeliminasi gangguan. Selain itu, diharapkan warga juga aktif memberikan informasi jika ada gangguan di wilayahnya agar bisa lebih cepat dilakukan penangannya. (Erwin RW)***