Ratusan Rumah di Kecamatan Sukaresik Terendam Banjir

PERISTIWA9 views

image

SUKARESIK, (KAPOL).-
Bencana banjir kembali terjadi di Kabupaten Tasikmalaya. Hujan deras yang mengguyur sejak Rabu (16/03/2016) malam tadi mengakibatkan ratusan rumah di Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya terendam banjir. Sampai dengan Kamis (17/03/2016) pagi tadi ketinggian air sudah mencapai 1,5 meter.

Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya, H. Kundang Sodikin menuturkan wilayah Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya memang merupakan zona merah daerah rawan banjir. Banjir terjadi akibat luapan sungai Citanduy.

“Tidak ada korban jiwa. Hanya saja ratusan rumah terendam banjir,” kata Kundang.

Bahkan di Kecamatan Sukaresik, lanjut Kundang, sudah dipasang alat deteksi banjir. Saat air sudah mulai merambat ke pemukiman warga, alat deteksi banjir itu berbunyi. Bunyi tersebut jadi pertanda bagi warga di sekitar jika banjir akan terjadi.

“Warga sudah tahu dab langsung evakuasi. Warga di sini juga memang sudah terbiasa dengan banjir. Karena memang banjir sering terjadi di wilayah ini,” lanjut Kundang.

Saat ini, lanjut Kundang, petugas dari BPBD Kabupaten Tasikmalaya sudah berada di lokasi sejak pagi tadi. (Imam Mudofar)