Razia Simpatik, Polantas Garut Bagikan Helm

SOSIAL33 views

GARUT, (KAPOL).-Meski terus mengalami peningkatan, akan tetapi tingkat kesadaran para pengendara sepeda motor di wilayah hukum Polres Garut saat ini masih terbilang rendah. Banyak para pengendara sepeda motor yang masih belum sadar menggunakan helm terutama yang berboncengan.

Sebagai upaya menyadarkan para pengguna sepeda motor yang masih suka tak menggunakan helm, jajaran Satlantas Polres Garut giat menggelar razia. 
Namun razia yang dilakukan lebih bersifat simpatik dengan cara membagikan helm.

“Kita cegat dan hentikan pengendara sepeda motor terutama yang membonceng anak-anak yang tak menggunakan helm. Kita berikan pengarahan terkait pentingnya penggunaan helm untuk anak-anak, kemudian kita berikan helm agar digunakan,” ujar KBO Satlantas Polres Garut, Iptu Tejo Reno Indratno, di sela kegiatan razia, Kamis (21/9/2017).

Dikatakan Tejo, kegiatan razia tersebut juga merupakan wujud kepedulian anggota polisi terhadap keselamatan anak-anak saat berkendaraan. 
Selain itu, hal ini juga sebagai sosialisasi betapa pentingnya penggunaan helm bagi anak-anak saat berkendara dan ini merupakan keharusan.

“Selama ini mungkin ada anggapan jika anak-anak tidak perlu menggunakan helm saat dibonceng dalam kendaraan. Itu pemikiran yang salah karena semua pengendara harus menggunakan helm untuk keselamatan, termasuk anak-anak yang dibonceng,” kata Tejo.

Menurut Tejo, jika ada orang tua yang membonceng anaknya, dirinya menggunakan helm akan tetapi anaknya tidak, ini menandakan kurangnya kepedulian orang tua tersebut akan keselamatan anaknya. 

Dia hanya memikirkan keselamatan dirinya tapi keselamatan anaknya diabaikan. Kegiatan pembagian helm bagi anak-anak ini, tambah Tejo, juga dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Lalu Lintas ke-62. 

Namun tujuanyang lebih utama lagi memberikan kesadaran terhadap masyarakat terkait pentingnya penggunaan helm bagi keselamatan anak-anak.(Aep Hendy S)***