Ribuan Petani dan Nelayan Deklarasi Dukung Jokowi Ma’ruf

POLITIKA4 views

SINGAPARNA, (KAPOL).-Ribuan petani dan nelayan yang ada di wilayah Priangan Timur melakukan deklarasi dan ikrar dukungan terhadap Capres-Cawapres, Jokowi-Ma’ruf Amin, di Gedung Islamic Centre, Jalan Bojongkoneng, Kecamatan Singaparna, Senin (18/2/2018).

Deklarasi ini dihadiri sejumlah tokoh, satu di antaranya sesepun Nahdatul Ulama yang juga Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang Jawa Tengah KH Maemun Zubair, perwakilan Tim Kampanye Nasional (TKN) wilayah Jawa Barat, Anton Charliyan, Ade Sugianto dan pimpinan pengurus partai pengusung tingkat kabupaten Tasikmalaya lainnya.

Relawan deklarasi didominasi para petani berasal dari Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, dan Ciamis yang terhimpun dalam organisasi Serikat Petani Pasundan (SPP).

Mereka datang secara konvoi dengan mempergunkan kendaraan mobil, bak terbuka hingga truk sejak pagi hari, meski diketahui kegiatan bakal dimulai pada pukul 14.00 wib.

Ketua Relawan Koalisi Indonesia Kerja, Agustiana mengatakan, deklarasi  dilakukan karena menganggap selama ini program Jokowi secara langsung bisa dirasakan para petani. Ia mengklaim petani yang hadir dari semua penjuru Priangan Timur diperkirakan sekitar 10 ribu orang.

“Selama ini, kami sudah merasakan secara langsung program dari Pak Jokowi selama menjabat sebagai Presiden. Maka, kami sekarang secara terbuka mendukung Pak Jokowi-Amin untuk memenangkan kembali” jelasnya.

Dia menuturkan, deklarasi petani ini sebagai wujud eksistensi para petani dalam mendukung dan menyukseskan pemenangan pasangan calon presiden nomor urut satu.

Ia pun berharap dengan dukungan secara terbuka dari para petani dan nelayan dalam Pilpres, membuat calon presiden petahana akan lebih memperhatikan kesejahteraan para petani dan nelayan.

“Ini wujud eksisnya para petani mendukung pasangan Jokowi-Amin dalam Pilpres tahun ini,” tambah Agustiana.

Ketua Tim Pemenangan Daerah (TKD) Kabupaten Tasikmalaya, Asep Supratman menjelaskan, selain petani dan nelayan, masa juga datang dari koalisi partai pendukung Jokowi-Ma’ruf yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

Seperti PDI-Perjuangan, PKB, Nasdem, PPP, Perindo, Hanura, Golkar, PSI, PKPI dan PBB. Estimasinya nelayan dan petani yang hadir sekitar 6 ribu masa, relawan sari berbagai orgasinasi 2 ribu dan anggota partai koalisi sekitar 2 ribu. Jadi totalnya sekitar 10 ribu.

“Untuk target Pilpres di Kabupaten Tasikmalaya nanti, kita bisa lebih dari 65 persen. Kita menghitug anggota koalisi partai yang ada saat ini, berbanding terbalik dengan koalisi di Pilpres 2014,” jelas dia.

Deklarasi ini dimasksudkan untuk lebih meningkatkan elekabilitas Jokowi-Ma’ruf di Kabupaten Tasikmalaya. Hal itu dengan dorongan dari para tokoh/ketua partai politik yang ada di koalisi.

Sehingga selain membantu menaikan elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf, tentunya disamping meningkatkan pula tokoh partai tersebut. (Aris Mohamad F)***